Apresiasi Inovasi Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar, Erick Thohir: BUMN Siap Mendukung

Apresiasi Inovasi Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar, Erick Thohir: BUMN Siap Mendukung

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 6 Juni 2022 - 18:07
share

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan apresiasi ketika melihat inovasi sampah plastik menjadi bahan bakar di Depok, Jawa Barat.

Hal ini Erick Thohir sampaikan setelah iamenghadiri acara Get Plastic di STAI Al-Karimiyah, Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Minggu, 5 Juni 2022.

Diketahui acara Get Plastic ini digelar oleh Gerakan Tarik Plastik atau Get Plastic yang memperjuangkan pengelolaan sampah plastik hingga bisa menjadi bahan bakar untuk kapal, generator, motor, mobil, termasuk juga untuk jadi Gas Propolin untuk kompor dan bahan bakar gas alternatif.

Erick Thohir Apresiasi Inovasi Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar

Dalam kesempatan tersebut, Erick Thohir memberikan apresiasinya atas insiatif Get Plastic yang mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar.

"Keren! Dari Jakarta ke Bali bisa menggunakan BBM yang diolah dari sampah plastik. Inovasi dari @getplastic_id ini, ke depan bisa menjadi solusi dari permasalahan sampah," tulis Erick di Twitter.

Sementara itu, dalam sambutannya di acara Get Plastic, Erick juga menyampaikan apresiasinya kepada para santri di STAI Al-Karimiyah yang ikut menjadi bagian dari inovasi ini.

"Tadi Pak Kiai juga mendorong keberpihakan pada produk Indonesia dan santri-santri juga ingin menjadi bagian dari inovasi sampah plastik bisa didaur ulang jadi Bahan Bakar. saya sangat mengapresiasi inisiatif ini, tadi acaranya gensetnya pakai dari ulang," ujar Erick.

Di Instagram, Erick mengatakan bahwa terobosan ini bisa menjadi solusi untuk menghadapi persoalan sampah plastik yang ada di Indonesia. Dan jugadiharapkan dapat menjawab kebutuhan bahan bakar di kemudian hari.

"Terobosan ini bisa jadi angin segar dalam menghadapi persoalan sampah plastik yang ada di Indonesia. Sekaligus diharapkan dapat menjawab kebutuhan bahan bakar di kemudian hari," tulis Erick di Instagram.

BUMN Siap Mendukung

Tak hanya memberikan apresiasi,Erick menegaskan bahwa BUMN siap mendukung program daur ulang sampah plastik menjadi bahan bakar ini.

Di akun Instagramnya, Erick menegaskan bahwa dirinya dan BUMN akan mendukung inovasi dari Get Plastic yang mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar.

"Hal ini harus menjadi pergerakan masif di Indonesia, saya bilang \'saya dukung\'. Karena selama ini kita sudah mengimpor BBM, kalau ternyata, sampah plastik ini bisa menjadi BBM," ucap Erick Thohir.

Menunjukkan komitmennya,Erick akan segera menugaskan Pertamina untuk melihat inovasi Get Plastic, agar bisa semakin dikembangkan.

"Tinggal saya minta Pertamina untuk lihat skalanya, kadang-kadang sama ketika presiden meluncurkan B30 di mana sawit jadi bagian campuran bensin, awalnya banyak yang menolak ternyata Indonesia jadi negara yang sangat berhasil. Siapa tahu ini juga kita bisa," ungkap Erick.

Sementara itu, selebriti yang juga menjadi aktivis lingkungan,Oppie Andaresta memberikan apresiasinya kepada Erick Thohir yang peduli terhadap lingkungan.

"Saya sangat appreciate karena ternyata Kak Etho (Erick Thohir) punya concern terhadap lingkungan," ucap Oppie.

Erick Thohir berharap gerakan Get Plastic ini bisa mewujudkan Indonesia yang maju, makmur dan mendunia.

"Gerakan heroik dan patriotik seperti dilakukan bersama Get Plastic atau di lingkungan STAI Al-Karimiyah Depok diharapkan dapat terus berkontribusi dalam gerakan bersama yang harusnya menjadi tujuan kita semua, yaitu untuk mewujudkan Indonesia yang Maju, Makmur, dan Mendunia," tutupnya.

Topik Menarik