KAI Tanda Tangani MoU dengan Unhas untuk Persiapan Pengoperasian KA di Sulsel

KAI Tanda Tangani MoU dengan Unhas untuk Persiapan Pengoperasian KA di Sulsel

Ekonomi | wartaekonomi | Sabtu, 4 Juni 2022 - 15:50
share

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Hasanuddin tentang Penelitian dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan serta Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Manusia.

Penandatanganan MoU ini dimaksudkan sebagai komitmen dan landasan untuk melaksanakan kerja sama ke depannya.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, mengatakan bahwa langkah kolaborasi KAI dengan Unhas ini sangat penting. Pasalnya, Unhas merupakan stakeholder perkeretaapian di bidang akademika yang dibutuhkan KAI untuk bersama-sama membangun ekosistem baru serta perubahan budaya masyarakat dalam bertransportasi.

Sebagaimana diketahui, dahulu transportasi KA di Sulawesi Selatan sudah ada pada tahun 1923 yang tersambung melalui alur sepanjang 47 Km rute Pasarbutung--Takalar dioperasikan oleh Staatstramwegen op Celebes (STC) yang merupakan operator KA Hindia Belanda.

Namun jalur tersebut diberhentikan operasionalnya pada 1930 karena adanya krisis ekonomi yang melanda dunia.Tahun ini pemerintah melalui Kementerian Perhubungan berencana mengoperasikan KA Makassar--Parepare tahap I yang menghubungkan Marros--Barru sepanjang 71 Km.

Sehubungan dengan rencana pengoperasian KA tersebut, KAI segera bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin untuk melakukan kajian atau studi dan seluruh evaluasi yang diperlukan untuk memastikan kereta api ini dapat beroperasi secara sustainable di Makassar baik dari segi angkutan penumpang maupun barang, ujar Didiek dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (4/6/2022).

Didiek berharap studi atau kajian yang akan dilakukan ini dapat segera tereksekusi dan tim bersama dapat fokus melaksanakan langkah-langkah strategis yang diperlukan dalam rangka persiapan pengoperasian kereta api di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Rektor Unhas Jamaluddin Jompa, mengatakan kerja sama yang akan dilakukan antara Unhas dan KAI merupakan bentuk perhatian dan dukungan yang serius terhadap perkembangan proyek pembangunan kereta api di Sulawesi Selatan.

Ini adalah kesempatan dan awal yang baik bagi Unhas, untuk itu kami siap berkontribusi dan berkolaborasi seoptimal mungkin. Banyak hal yang harus kita persiapkan bersama guna mewujudkan impian masyarakat Sulawesi Selatan untuk menikmati fasilitas kereta api sebagai alternatif moda transportasi yang aman dan nyaman," ujar Jamaludin.

Topik Menarik