Usai Ikut Salat Gaib untuk Eril, Anies: Kami di DKI Jakarta Merasakan Duka yang Amat Dalam

Usai Ikut Salat Gaib untuk Eril, Anies: Kami di DKI Jakarta Merasakan Duka yang Amat Dalam

Ekonomi | wartaekonomi | Jum'at, 3 Juni 2022 - 14:57
share

Gubernur Jakarta Anies Baswedan menyampaikan duka yang mendalam setelah Emmeril Khan Mumtadz, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diyakini telah meninggal dunia terseret arus sungai Aare, Swiss. Anies juga mengikuti salat gaib di Masjid Fatahillah, Balai Kota Jakarta.

Usai salat gaib, Anies mengaku juga ikut merasakan duka yang dialami Ridwan Kamil. Baginya, kesedihan Kang Emil juga merupakan duka bagi warga Jakarta.

"Kami di DKI Jakarta merasakan duka yang amat dalam. Dukanya Kang Emil dan keluarga adalah duka masyarakat jawa barat, adalah juga duka masyarakat jakarta dan juga duka Indonesia," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (3/6/2022).

Anies juga sudah meminta kepada seluruh masjid di Jakarta untuk menggelar salat gaib. Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DKI juga diminta mengajak pegawainya untuk salat ied.

"Tadi pagi saya menganjurkan kepada semua masjid di jakarta untuk menyelenggarakan salat gaib," katanya

"Mendoakan insya Allah Eril ditinggikan derajatnya di sisi Allah, sebagai syahid dan keluarga diberikan kekuatan, ketabahan di dalam menjalani sebuah ujian yang tak terhinga besarnya dan beratnya," Anies menambahkan.

Dengan banyaknya orang yang mendoakan, Anies berdoa agar Emil diampuni segala dosanya dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT.

"Semoga ini menjadi pesan yang nantinya keluarga akan lihat begitu banyak orang yg mendoakan. Insya Allah Eril khusnul khotimah," ucapnya.

Kepada Kang Emil dan keluarga, Anies berharap bisa kuat serta tabah atas kehilangan ini.

"Kita semua meyakini bahwa kang emil dan keluarga memiliki kekuatan, ketabahan melewati ini semua," pungkasnya.

Eril Telah Pergi

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Prataya bertolak ke Tanah Air hari ini, Jumat (3/6/2022). Pihaknya menyatakan ikhlas dan meyakini anaknya, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril meninggal dunia usai hilang terseret arus di Sungai Aare, Swiss.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, setelah kami konsultasi baik dengan pihak KBRI, MUI dan ulama di Bandung, karena sudah melewati hari ke-6. Kepolisian juga didasarkan pada laporan hilang hanyut, maka kami menilai bisa dinyatakan syahid akhirat," kata adik Ridwan Kamil di Swiss, Elpi Nazmuzaman, dalam konferensi pers online, Jumat (3/6/2022).

Kepolisian juga sudah berfokus dalam pencarian jenazah Eril. Anjing pelacak khusus pun sudah diturunkan dan berharap bisa mendeteksi aroma lebih tajam.

"Kami juga menerjunkan anjing pelacak di tepi sungai yang bisa mendeteksi aroma dan sudah fokus untuk mencari Eril dalam keadaan yang bisa dinyatakan syahid akhirat dalam pandangan kami," ujarnya.

Meski Ridwan Kamil dan istri pulang ke Indonesia, Elpi memastikan bahwa upaya proses pencarian akan tetap dilakukan. Ia mewakili keluarga tetap di Bern untuk berkordinasi terkait pencarian Eril yang sebelumnya dilaporkan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss sejak Kamis (26/5/2022).

"Meski pulang ke Indonesia, pak Ridwan Kamil serta istri yang hampir sepekan ikut memantau bahkan terjun langsung, sangat ikhlas dan tidak mengubah harapan keluarga untuk melakukan pencarian," katanya.

Karena itu, meski status Eril sudah dinyatakan meninggal dunia, pihak keluarga tetap berharap bisa bertemu dengan Eril. Bagaimana pun keadaannya, pihaknya berharap jenazah Eril bisa ditemukan.

"Harapan kami bisa bertemu dengan keponakan kami, adinda kami dalam keadaan dan kondisi apa pun," ujarnya.

Sebelum pulang ke Indonesia, Ridwan Kamil tampak melakukan upaya pencarian terakhir untuk menemukan Eril. Dalam sebuah video yang viral beredar, tampak Gubernur Jawa Barat itu turun ke tepian sungai sambil memegang tongkat sambil menyisir pinggiran sungai.

Di video tersebut, lelaki yang akrab disapa Kang Emil itu juga terlihat berdiri di tangga menuju sungai sambil mengumandangkan azan. Momen tersebut juga dibagikan oleh akun Instagram @mimi.julid.

Topik Menarik