Start-up Dagangan Raih Pendanaan Pra-Seri B Senilai US$6,6 Juta

Start-up Dagangan Raih Pendanaan Pra-Seri B Senilai US$6,6 Juta

Ekonomi | infobanknews.com | Jum'at, 3 Juni 2022 - 13:18
share

Jakarta Start-up rural e-commerce, Dagangan, hari ini mengumumkan pendanaan Pra-Seri B senilai US$6,6 Juta. Pendanaan kalo ini dipimpin oleh BTPN Syariah Ventura dengan partisipasi dari investor lainnya, termasuk Monks Hill Ventures dan Hendra Kwik, CEO Payfazz, perusahaan fintech yang melayani UMKM dan masyarakat unbanked di Indonesia.

Investasi strategis ini akan digunakan oleh Dagangan untuk meneruskan ekspansi bisnis serta meningkatkan kapabilitas tim pengembangan produk dan teknologi. Dagangan juga akan bekerja sama dengan institusi keuangan lainnya untuk mengembangkan layanan finansial.

Kami memiliki aspirasi agar dapat melayani masyarakat hingga ke daerah pelosok sehingga perekonomian di desa dapat tumbuh secara signifikan. Pendanaan yang dipimpin oleh BTPN Syariah Ventura ini bukan sekedar investasi semata, namun ini adalah permulaan dari ikhtiar bersama untuk memperkuat ekosistem digital yang inklusif bagi masyarakat Indonesia ke depannya, jelas CEO dan Co-founder Dagangan, Ryan Manafe pada keterangannya, 3 Juni 2022.

Ryan mengungkapkan pihaknya telah bermitra dengan BTPN Syariah (perusahaan induk BTPN Syariah Ventura) sejak 2020. Melalui pendanaan ini, BTPN Syariah Ventura memberikan Dagangan akses terhadap ekosistem yang dimiliki, sehingga memberi kesempatan untuk memperluas bisnis, termasuk memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk mendapatkan akses dan layanan keuangan.

Asal tahu saja, Dagangan merupakan platform e-commerce yang menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, mulai dari sembako, bahan makanan segar dan beku, hingga produk fashion, dan memberikan layanan pengantaran barang belanjaan di hari yang sama dan keesokan harinya. Start-up ini menggunakan model hub-and-spoke dalam operasional bisnisnya dengan membangun pusat pengadaan kebutuhan pokok atau micro fulfilment center (hub) di kota-kota tier 3-4 dan wilayah pedesaan sehingga biaya logistik menjadi lebih efisien.

Sejak menerima pendanaan Seri A sebesar US$11,5 juta pada September 2021 lalu, Dagangan telah berhasil mencetak pertumbuhan bisnis hingga lima kali lipat. Saat ini Dagangan telah memiliki lebih dari 40 hub yang tersebar di berbagai area di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Produk dan layanan Dagangan telah menjangkau hampir 15.000 desa di 40 kota/kabupaten. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Topik Menarik