Teks Editorial: Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

Teks Editorial: Pengertian, Ciri, Struktur dan Contoh

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 2 Juni 2022 - 14:29
share

JAKARTA, celebrities.id - Teks editorial merupakan ilmu yang akan kamu pelajari pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Umumnya, teks editorial dapat kamu temukan pada koran dan majalah dan di media online.

Kira-kira seperti apa teks editorial?

Berikut ini celebrities.id telah merangkum dari beberapa sumber, Kamis (2/6/2022) mengenai teks editorial lengkap dengan pengertian, ciri-ciri, struktur dan contohnya.

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial merupakan suatu artikel yang terdapat pada sebuah surat kabar yang berisikan tentang pendapat maupun pandangan redaksi terkait soal peristiwa yang saat ini sedang hangat, aktual diperbincangkan banyak khalayak publik.

Teks editorial biasa dikenal oleh seorang penulis dengan nama tajuk rencana. Namun dalam menulis teks editorial tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal itu dikarenakan dalam menyampaikan pandangan mata, situasi dan pendapat kamu perlu menyertakan bukti pendukung, fakta dan juga hasil opini dan argumentasi kepada pihak terkait dengan wawancara secara logis.

Ciri-Ciri Teks Editorial

Mengutip dalam modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berikut ini ciri-ciri teks editorial yang baik dan benar.

Struktur Teks Editorial

Dalam modul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga dijelaskan secara rinci terkait struktur teks editorial yang sistematis. Berikut tiga struktur teks editorial yang harus diperhatikan.

1. Pengenalan Isu

Sebelum memulai rangkaian teks editorial, penulis harus memahami dengan matang dan mengetahui rangkaian isu yang akan dibuat dan dibahas. Bagian satu ini umumnya menjurus ke peristiwa seputar persoalan yang aktual, kontroversial dan fenomenal.

2. Argumentasi

Pada poin kedua ini penulis perlu menuliskan argumentasi supaya bisa menjadi alasan atau bukti guna memperkuat pernyataan dalam tulisannya. Argumentasi yang benar harus memuat soal data penelitian yang berlandaskan dari sebuah pertanyaan, pendapat para ahli serta gabungan fakta-fakta dan referensi untuk memperkuat hasil tulisan dan pembahasannya.

3. Penegasan Kembali Pernyataan (Reiteration)

Pada poin ketiga ini penulis perlu menyampaikan pernyataan ulang terkait pendapat dalam pembahasan tema penulisan. Penegasan ulang dapat mendukung argumentasi dan fakta serta opini penutup supaya orang semakin yakin akan teks editorial yang kamu buat.

Contoh Teks Editorial

Manfaat Asupan Gula pada Anak

Tesis

Anak-anak sulit dipisahkan dengan makanan manis atau yang mengandung gula. Konsumsi gula kerap kali dianggap kurang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk juga anak-anak. Tapi, apakah benar tidak ada dampak positif dari konsumsi gula pada anak?

Argumentasi

Menurut dr. Putri Sakti dalam sebuah konferensi pers, gula memiliki beberapa jenis. Salah satunya adalah sukrosa atau yang biasa dikenal dengan gula pasir. Ketika gula pasir diolah dalam tubuh, nantinya akan menghasilkan energi yang penting untuk anak.

Ada juga gula lain bernama laktosa yakni jenis gula yang diproduksi dari susu sapi dan produk turunannya. Laktosa bermanfaat untuk energi otak anak, memperlancar sistem pencernaan, dan pertumbuhan tulang.

Gula akan membawa dampak positif, asalkan dikonsumsi sesuai dengan kadar yang telah ditentukan oleh World Health Organization (WHO) maupun Kementerian Kesehatan. Anjuran tersebut menyatakan bahwa anak-anak usia 7 - 12 tahun sebaiknya tidak lebih dari 2-3 sendok makan atau tidak lebih dari 20 gram sukrosa atau gula pasir per hari.

Penegasan

Tidak perlu takut untuk memberikan asupan gula kepada anak asalkan masih dalam kadar sesuai yang dianjurkan. Pada dasarnya gula membawa manfaat namun jika dikonsumsi berlebihan tentu akan mendatangkan penyakit.

Topik Menarik