Loading...
Loading…
5 Rumus Cuan di Pasar Modal, Investor Wajib Tahu

5 Rumus Cuan di Pasar Modal, Investor Wajib Tahu

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Kamis, 02 Juni 2022 - 10:44

IDXChannel Ada sejumlah rumus cuan di pasar modal yang bisa Anda terapkan agar mendapatkan keuntungan maksimal dalam investasi Anda. Seperti diketahui, investasi saham di pasar modal merupakan investasi yang dikenal dengan high risk high return. Artinya, jika Anda menginginkan tingkat pengembalian yang tinggi, risiko yang harus Anda hadapi juga besar.

Sebuah investasi tentu tidak hanya membutuhkan modal finansial yang kuat, tapi juga perlu kemampuan dan pengetahuan dalam menganalisis setiap pergerakan harga saham.

Oleh karena itu, ada beberapa rumus cuan di pasar modal yang bisa Anda jadikan referensi dalam berinvestasi. Apa saja? IDXChannel merangkum beberapa di antaranya sebagai berikut.

5 Rumus Cuan di Pasar Modal

Berinvestasi di pasar modal merupakan salah satu pilihan investasi yang saat ini banyak diminati. Selain mudah diakses, investasi di pasar modal terutama pasar saham juga menjanjikan tingkat pengembalian (keuntungan) yang tinggi. Meski demikian, investasi di pasar modal juga memiliki risiko yang juga tinggi. Anda tidak bisa berinvestasi di pasar modal hanya dengan modal coba-coba tanpa ilmunya. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda tentu perlu mengetahui rumus dasar dalam berinvestasi di pasar modal. Beberapa rumus cuan di pasar modal tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Memahami Kondisi Pasar

Saat Anda ingin berinvestasi di pasar modal, hal pertama yang harus Anda lakukan tentu adalah memahami kondisi pasarnya. Sebab, pasar modal umumnya memiliki kondisi-kondisi tertentu di waktu-waktu tertentu yang menentukan maksimal tidaknya investasi yang Anda lakukan.

Misalnya, saat kondisi pasar sedang berkembang, ada potensi pengembalian yang tinggi seiring dengan pertumbuhan pasar. Sementara itu, ketika pasar dalam keadaan jenuh kemungkinan pengembalian yang tinggi pun semakin berkurang. Itulah mengapa Anda perlu mengetahui kondisi pasar agar keuntungan investasi Anda di pasar modal juga bisa maksimal.

2. Mempelajari Perusahaan

Sebelum memutuskan berinvestasi di perusahaan mana, Anda perlu mengetahui secara mendalam mengenai perusahaan tersebut. Pastikan bahwa Anda berinvestasi di perusahaan yang tepat. Anda bisa mengetahui ini dari prospektus perusahaan yang tersedia untuk melihat seberapa baik kinerja perusahaan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan apakah perusahaan tersebut prospektif untuk mendapatkan keuntungan di tahun-tahun mendatang atau tidak.

3. Melakukan Manajemen Investasi

Manajemen investasi sangat penting dilakukan ketika Anda berinvestasi di pasar modal. Anda tentu harus memiliki perencanaan bagaimana Anda akan mengelola investasi Anda di pasar modal. Manajemen investasi ini juga sekaligus mempersiapkan kemungkinan risiko yang akan dihadapi. Selain itu, dalam manajemen investasi ini, Anda juga perlu menentukan terlebih dahulu tujuan dan jangka waktu investasi Anda di pasar modal.

4. Memahami Kondisi Perekonomian Nasional

Tak hanya memahami kondisi pasar, Anda juga perlu mengetahui kondisi perekonomian nasional yang umumnya ikut mempengaruhi kondisi pasar saham. Seperti yang bisa dilihat bahwa indeks saham untuk negara berkembang umumnya jauh lebih rendah dari indeks saham negara maju. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi perekonomian nasional memiliki pengaruh yang erat terhadap kondisi di pasar modal. Selain itu, ketika suatu negara mengalami resesi ekonomi, potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pasar modal pun menurun.

5. Memilih Jenis Investasi yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, Anda tentu harus mengetahui jenis investasi yang Anda di pasar modal. Jika Anda ingin berinvestasi di pasar saham, Anda juga perlu mengetahui macam-macam indeks yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan investasi Anda.

Ada beberapa jenis saham di pasar modal antara lain common stock, preferred stock, blue chip, income stock, counter cyclical stock, speculative stock, registered stock, dan bearer stock. Masing-masing jenis saham tersebut memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing.

Itulah beberapa rumus cuan di pasar modal yang bisa Anda jadikan referensi sebelum berinvestasi. Membekali diri Anda dengan pengetahuan yang baik tentu dapat membantu Anda dalam berinvestasi di pasar modal dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Original Source

Topik Menarik