Loading...
Loading…
Dewan Tutup Sementara Akses Jalan PT PDS di Lutim, Ini Sebabnya

Dewan Tutup Sementara Akses Jalan PT PDS di Lutim, Ini Sebabnya

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Sindonews | Kamis, 02 Juni 2022 - 08:25

LUWU TMUR Aktivitas pertambangan PT Panca Digital Solution (PDS) menuju Pelabuhan Umum Malili untuk sementara waktu terhenti. Hal ituterlihat saat sejumlah anggota DPRD Luwu Timur turun langsung ke lokasi untuk menghentikan aktivitas tambang PT PDS, Selasa (31/5/22).

Anggota Dewan yang terjun langsung untuk menutup aktivitas PT PDS, yakni Ketua DPRD Luwu Timur Aripin, didampingi Wakil Ketua I DPRD Siddiq BM, anggota DPRD Badawi Alwi, Alpian Alwi, Wahidin Wahid, dan Andi Surono.

Ketua DPRD Luwu Timur, Aripin mengatakan penghentian aktivitas tambang PT PDS berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) lintas Komisi yang menghadirkan Dinas terkait.

"Dari hasil RDP, semua komisi meminta agar kegiatan PT PDS ini ditutup sementara, sembari untuk melengkapi administrasi, izin dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah," kata dia.

"Saat ini, pihak PT PDS dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Pendapatan Daerah, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Luwu Timur sudah bertemu dan kita tunggu hasilnya," tambah Aripin.

Selain Ketua DPRD Luwu Timur , Wakil Ketua I DPRD Luwu Timur, Siddiq BM juga mengaku jika PT PDS tidak melakukan konsultasi terkait dengan aktivitas yang dilakukannya berdasarkan rekomendasi dari Provinsi.

"Mereka ini beroperasi tanpa kita ketahui, belum memiliki izin untuk menggunakan jalan daerah dan tidak melakukan konsultasi dengan pemerintah daerah," beber Siddiq BM.

Selain menggunakan ruas jalan milik daerah, perusahaan pertambangan PT PDS juga menggunakan ruas jalan nasional sepanjang kurang lebih 7 kilometer.

Untuk diketahui, ore nickel milik PT PDS rencananya akan dikirim ke Kabupaten Bantaeng tetapi terhenti karena akses jalan menuju pelabuhan telah ditutup yang mengakibatkan aktivitas pembongkar ore nickel ke tongkang yang sudah sedia di Pelabuhan Waru-waru terhenti.

Akibat dari penutupan akses jalan menuju pelabuhan Umum Waru-waru Malili, puluhan dump truk berkapasitas 25 ton milik PT PDS terhenti.

(agn)

Original Source

Topik Menarik