Ini penampakan Situ Bagendit Garut seusai Direvitalisasi dengan Dana Rp87,7 Miliar

Ini penampakan Situ Bagendit Garut seusai Direvitalisasi dengan Dana Rp87,7 Miliar

Ekonomi | BuddyKu | Rabu, 1 Juni 2022 - 20:23
share

GARUT, iNews.id - Revitalisasi objek wisata Situ Bagendit di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut menelan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian PUPR sebesar Rp87,7 miliar. Dana sebesar itu untuk membangun infrastruktur dan sarana prasarana penunjang objek wisata yang bakal jadi ikon pariwisata di Kabupaten Garut itu.

Penataan Situ Bagendit dilakukan di atas lahan seluas 2,8 hektare yang terbagi dalam enam zona. Zona 1 untuk wisata publik, Zona 2 area kuliner, Zona 3 area green school, Zona 4 area komersil, Zona 5 area water sport dan Zona 6 area masjid serta konservasi.

Ruang lingkup pekerjaan di antaranya meliputi, pembangunan jogging track sepanjang 6 km, taman teratai, taman bermain, pusat kuliner, restoran, masjid terapung, dan jembatan swafoto.

Spot
Spot cantik di Situ Bagendit untuk swafoto. (FOTO: Kementerian PUPR)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan itu merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Joko Widodo ke Garut pada 26 April 20219 silam. Proses revitalisasi dimulai November 2020 dan selesai 2022. Dilaksanakan secara multiyears contract (MYC) 2020-2021 dengan Kontraktor Pelaksana PT Adhi Karya.

Revitalisasi dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Barat Direktorat Jenderal Cipta Karya, kata Menteri PUPR dalam siaran pers yang diterima MNC Portal Indonesia (MPI), Rabu (1/6/2022).

Objek Situ Bagendit, ujar Basuki Hadimuljono, pemerintah berharap penataan kawasan Situ Bagendit mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan kembali menggiatkan pariwisata di Kabupaten Garut.

Taman
Taman teratai di Situ Bagendit. (FOTO: Kementerian PUPR)

Pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya. Kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Kalau hal itu tidak siap, wisatawan datang sekali dan tidak akan kembali lagi. Itu yang harus kita jaga betul, ujar Basuki Hadimuljono.

Pascarevitalisasi, kawasan Situ Bagendit sudah dibuka untuk masyarakat pada libur Lebaran 2022 lalu dan mendapatkan antusiasme besar dari masyarakat.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pemkab Garut, pada hari kedua libur Lebaran, pengunjung Situ Bagendit mencapai 10.000 wisatawan. Harga tiket masuk dipatok Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

Topik Menarik