Uni Eropa Sepakat Pangkas 90 Persen Impor Minyak dari Rusia

Uni Eropa Sepakat Pangkas 90 Persen Impor Minyak dari Rusia

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 31 Mei 2022 - 08:38
share

BRUSSEL, iNews.id - Para pemimpin Uni Eropa sepakat memangkas 90 persen impor minyak dari Rusia pada akhir tahun ini. Kesepakatan tersebut menyelesaikan kebuntuan atas sanksi terhadap Rusia karena melakukan invasi ke Ukraina.

Menyetujui untuk melarang ekspor minyak Rusia ke UE. Ini segera mencakup lebih dari 2/3 impor minyak dari Rusia, memotong sumber pembiayaan yang sangat besar untuk mesin perangnya. Tekanan maksimum pada Rusia untuk mengakhiri perang, tulis Kepala Dewan Eropa Charles Michel dalam tweet, dikutip dari Reuters , Selasa (31/5/2022).

Michel mengumumkan hal itu setelah pertemuan puncak Dewan Eropa luar biasa yang dihadiri oleh para pemimpin Uni Eropa di Brussels pada Senin (30/5/2022) untuk membahas paket keenam sanksi terhadap Rusia.

Paket sanksi ini mencakup langkah-langkah keras lainnya de-Swifting bank terbesar Rusia Sberbank, pelarangan 3 lembaga penyiaran milik negara Rusia, dan sanksi individu yang bertanggung jawab atas kejahatan perang di Ukraina, ujar Michel.

Mengutip CNN Business , para pemimpin Uni Eropa akan bertemu lagi di Brussel pada Selasa untuk membahas tanggapan blok tersebut terhadap invasi Rusia ke Ukraina. Adapun para pejabat pertama kali mengusulkan bergabung dengan AS dan lainnya untuk melarang minyak Rusia sebulan lalu sebagai bagian dari paket keenam sanksi Uni Eropa atas invasi negara itu ke Ukraina.

Para pemimpin sepakat embargo minyak akan mencakup pengecualian untuk Hungaria karena negara tersebut terkurung daratan dan sangat bergantung pada minyak mentah yang disalurkan dari Rusia. Hongaria menjadi penentang utama untuk kesepakatan tersebut, di mana anggota lainnya khawatir tentang dampak ekonomi dari langkah tersebut.

Seorang pejabat UE menyatakan, pelarangan semua minyak lintas laut akan mencakup lebih dari dua pertiga impor dari Rusia.

Eropa adalah pembeli terbesar energi Rusia. Minyak mentah Rusia menyumbang 27 persen dari impor blok itu pada 2021, menurut Eurostat. Berdasarkan data Badan Energi Internasional, itu sekitar 2,4 juta barel per hari, di mana sekitar 35 persennya dikirim melalui jaringan pipa ke blok tersebut.

Tetapi pengiriman melalui pipa merupakan bagian yang jauh lebih besar dari pengiriman minyak Rusia ke Hongaria sebanyak 86 persen, Republik Ceko mencapai 97 persen, dan Slovakia 100 persen.

Topik Menarik