Loading...
Loading…
Dukung Cryptocurrency, Bill Miller Sebut BTC Sebagai Polis Asuransi Bencana Keuangan

Dukung Cryptocurrency, Bill Miller Sebut BTC Sebagai Polis Asuransi Bencana Keuangan

Ekonomi | wartaekonomi | Senin, 30 Mei 2022 - 09:36

Bill Miller pendiri miliarder dan kepala investasi perusahaan investasi Miller Value Partners, mengatakan dia menganggap Bitcoin (BTC) sebagai "polis asuransi terhadap bencana keuangan."

Muncul di sebuah episode podcast "Richer, Wiser, Happier" pada 24 Mei lalu, Miller mendukung cryptocurrency sebagai sarana bagi mereka yang terjebak dalam konflik untuk tetap mengakses produk keuangan. Dia menggunakan runtuhnya infrastruktur keuangan di Afghanistan setelah penarikan Amerika Serikat pada Agustus 2021 sebagai contoh.

"Ketika AS menarik diri dari Afghanistan, Western Union berhenti mengirim pengiriman uang ke sana atau mengambilnya dari Afghanistan, tetapi jika Anda memiliki Bitcoin, Anda baik-baik saja. Bitcoin Anda ada di sana. Anda dapat mengirimkannya ke siapa pun di dunia jika Anda memiliki telepon," katanya.

Miller mengatakan contoh bagaimana kripto dapat berfungsi sebagai asuransi tidak "harus semuanya atau tidak sama sekali" dan mencatat bagaimana kinerja Bitcoin selama tahap awal pandemi dan reaksi Federal Reserve terhadapnya.

"Ketika Fed turun tangan dan mulai menembaki jumlah uang beredar dan menyelamatkan, pada dasarnya, suku bunga hipotek Bitcoin berfungsi dengan baik. Tidak ada jalannya Bitcoin. Sistem berfungsi tanpa Fed dan tanpa gangguan apa pun. Semua orang mendapatkan Bitcoin mereka, harga disesuaikan, dan kemudian ketika Bitcoiners menyadari, \'Tunggu, kita akan mengalami inflasi di masa depan,\' Bitcoin melewati atap," kata Miller.

"Ini polis asuransi, cara saya melihatnya," imbuhnya.

Miller juga menegur kritik Warren Buffett baru-baru ini terhadap Bitcoin, di mana investor miliarder itu terkenal berkomentar bahwa "Bitcoin tidak menghasilkan apa-apa" dan dia "tidak akan mengambil" semua Bitcoin di dunia bahkan dengan 25 dolar.

"Dia mengatakan bahwa Bitcoin adalah aset non-produktif dan oleh karena itu dia tidak dapat menghargainya. Cukup adil. Jika satu-satunya hal yang Anda pikir dapat Anda hargai adalah aset produktif, maka tidak ada yang membuat Anda membelinya, bukan? Jadi abaikan saja," tegasnya.

Dia kemudian menindaklanjuti komentarnya, menambahkan "tujuan berinvestasi bukanlah untuk memiliki aset produktif, tujuannya adalah untuk menghasilkan uang".

Miller terkenal karena mengelola portofolio yang selama 15 tahun berturut-turut antara 1991 dan 2005, secara konsisten mengalahkan pengembalian indeks S&P 500. Dia juga dikenal karena advokasinya terhadap Bitcoin dan memasukkan setengah dari kekayaan bersihnya ke dalam aset pada bulan Januari.

Ketika ditanya apakah dia masih memegang posisi itu, Miller mengonfirmasi bahwa sekitar "40% hingga 50%" dari uangnya ada di saham Amazon dan kepemilikan Bitcoin-nya "hampir sama dengan Amazon," menambahkan bahwa 80% dari kekayaan bersihnya dibagi antara dua aset.

Miller juga membahas tato berbasis Terra (LUNA) di lengan Mike Novogratz, pendiri perusahaan manajemen aset kripto Galaxy Digital setelah runtuhnya ekosistem Terra:

"Seseorang telah mengirimi saya foto Mike Novogratz di mana dia mendapatkan tato LUNA di lengannya beberapa bulan yang lalu tentang serigala yang melolong di bulan, dan itu besar. Ini seperti, ups, mungkin Anda seharusnya mendapatkan Bitcoin di lengan Anda, itu akan sedikit lebih tahan lama daripada yang itu."

Novogratz mengatakan bahwa tato itu akan menjadi "pengingat konstan bahwa investasi ventura membutuhkan kerendahan hati," karena Galaxy Digital membukukan kerugian 300 juta dolar pada investasi LUNA-nya.

"Saya merasa tidak enak untuknya ketika saya melihat beberapa cerita tentang dia berubah dari sesuatu seperti 10 miliar dolar menjadi 2 miliar dolar," kata Miller, "Saya seperti, ya, itu benar-benar tragis."

Original Source

Topik Menarik

{