Loading...
Loading…
Soal Ratusan CPNS yang Mengundurkan Diri, BKN Ingatkan Soal 'Blacklist'

Soal Ratusan CPNS yang Mengundurkan Diri, BKN Ingatkan Soal 'Blacklist'

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Indozone | Sabtu, 28 Mei 2022 - 15:40

Ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) dilaporkan mengundurkan diri. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), dari 112.514 orang yang lolos seleksi CPNS, sebanyak 105 orang di antaranya mengundurkan diri.

Adapun jumlah peserta CPNS yang terbanyak mengundurkan diri yaitu dari Kementerian Perhubungan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka mengundurkan diri sebelum resmi menerima SK.

Mulai dari aspek jabatan hingga instansi yang dilamar ternyata tidak sesuai dengan ekspektasia. Selain itu, lokasi instansi yang dilamar juga menjadi alasan CPNS memilih untuk mengundurkan diri. @bkngoid

#cpns mengundurkan diri, apa konsekuensinya? #BKN #cpns2021 #fyp #ASNPelayanPublik #asnkinibeda #infotiktok ? Bertahan Terluka - Fabio Asher

BKN mengatakan bahwa pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp166,4 miliar untuk pelaksaan CPNS. Hal tersebut dianggap berpotensi terhadap kerugian negara.

Bagi CPNS yang mengundurkan diri akan dikenakan sanksi blacklist atau tidak diperbolehkan mengikuti tes CPNS selama satu periode berikutnya. Hal ini tertuang dalam PermenpanRB No. 27 Tahun 2021 pasal 54 ayat 2.

Baca Juga :
Pengumuman! Posisi CPNS Mundur Bisa Diganti Peserta yang Tak Lolos

BKN kemudian mengingatkan bahwa seleksi CPNS bukan ajang untuk coba-coba. Apa yang sudah dimulai harus bisa dipertanggungjawabkan sampai akhir.

Pemerintah tidak main-main dalam mencari talenta unggul untuk jakankan roda pemerintahan menuju ke arah yang lebih baik. Seleksi CASN bukan ajang coba-coba. Dibutuhkan komitmen dan keseriusan kita bersama, demikian pernyataan pihak BKN lewat sebuah video TikTok.

Mundurnya ratusan CPNS itu pun membuat netizen lainnya ikut menyesalkan. Pasalnya, banyak yang ingin berada di posisi tersebut.

Sedih, karena ada byk orang salah satunya saya yg terus mencoba ikut tes CPNS tp blm dbukakan rejeki menjadi PNS n yg SDH lulus malah mngundurkn diri, kata @Alcafi08.

Itulah kenapa pentingnya crosscheck instansi yg dilamar, mulai dari lokasi instansi, jabatan yg dilamar, dan tunjangan yg didapat, kata lunatic.

Saya berjuang CPNS 10thu.Tahun ke10 lolos ASN PPPK.Sungguh itu untuk posisi orang2 yang mau mengabdi dan bersyukur, kata Flowaja. Artikel Menarik Lainnya:

Original Source

Topik Menarik

{