Progres Infrastruktur Pendukung G20 Capai 40 Persen, Simak Rinciannya

Progres Infrastruktur Pendukung G20 Capai 40 Persen, Simak Rinciannya

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 28 Mei 2022 - 06:14
share

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono melakukan kunjungan kerja untuk meninjau pelaksanaan peningkatan infrastruktur di Provinsi Bali jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia pada Oktober 2022.

Dalam kunjungannya, Basuki melihat langsung progres pembangunan penataan kawasan parkir kepala negara serta penataan Jalan Simpang Siligita - Kempinski Showcase Mangrove dan penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai.

Menteri PUPR Basuki mengatakan, pekerjaan penataan tersebut seluruhnya akan rampung pada akhir Juli 2022 sehingga siap untuk menyambut pelaksanaan KTT G20.

Penataan kawasan sudah mulai dihijaukan dan ditanami dari sekarang. Saat ini progresnya semua sektar 39,6%, kata Basuki dalam keterangan resmi, Jumat, 27 Mei 2022.

Kawasan Mangrove

Lingkup pengerjaan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai di antaranya pembangunan gerbang masuk, monumen G20, area plaza, beji, wantilan, jalur tracking mangrove, area peresmian, area penerima, menara pandang, viewing deck ke arah Teluk Benoa, dan area parkir di sekitar Waduk Muara.

Area Parkir Kepala Negara

Penataan di area parkir kepala negara di lahan seluas 2,6 hektare (Ha) yang letaknya tidak jauh dari kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai.

Adapun lingkup kegiatannya berupa pembangunan Gate Candi Bentar, pentaan pura, pos jaga security, Gazebo Bale Bengong, parkir limousine berkapasitas 256 unit, fasilitas publik, ruang panel, kantin, water tank, dan parkir kendaraan emergency.

Tujuh Ruas Jalan

Lebih rinci lagi, ada sebanyak sembilan ruas jalan yang terbagi dalam dua paket pekerjaan.

Peningkatan jalan ini untuk meningkatkan kualitas dan estetika preservasi jalan dan jembatan disertai dengan beautifikasi atau penghijauan.

Paket I terdiri dari perservasi jalan dan jembatan tujuh ruas dengan total panjang 22 kilo meter (km).

Adapun tujuh ruas tersebut yakni Simpang (Sp). Pesanggaran - Gerbang Benoa, Sp. Kuta - Sp. Pesanggaran, Sp. Kuta - Tugu Ngurah Rai, Sp. Lapangan Terbang - Tugu Ngurah Rai, Tugu Ngurah Rai - Nusa Dua, Sp. Pesanggaran - Sp. Sanur, Jimbaran - Uluwatu, dan Sp. Pesanggaran - Sp. Sanur (Sarangan).

Topik Menarik