5 Cara Menghindari Penipuan Mengatasnamakan Bank yang Perlu Anda Ketahui

5 Cara Menghindari Penipuan Mengatasnamakan Bank yang Perlu Anda Ketahui

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 26 Mei 2022 - 19:42
share

IDXChannel Bagaimana cara menghindari penipuan mengatasnamakan bank? Di era digital seperti sekarang ini, semakin marak penipuan-penipuan yang mengatasnamakan sebuah bank untuk menipu nasabah.

Banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara menghindari penipuan tersebut, terlebih lagi jika sang penipu sangat ahli dalam menyampaikan rayuan-rayuan yang membuat nasabah menjadi yakin kalau penipu tersebut adalah pihak bank yang asli.

Lalu, bagaimana cara menghindari penipuan mengatasnamakan bank? Simak penjelasan berikut:

5 Cara Menghindari Penipuan Mengatasnamakan Bank

  1. Memperbarui Data Secara Berkala

Salah satu cara menghindari penipuan mengatasnamakan bank adalah dengan memperbarui data pribadi Anda secara berkala. Hal ini bertujuan agar data yang Anda miliki tidak mudah ditebak oleh para penipu.

Salah satu contoh pembaruan data yang Anda miliki adalah dengan mengganti kata sandi maupun kode transaksi setiap satu bulan sekali.

  1. Tidak Memberikan Informasi Pribadi

Cara kedua adalah dengan tidak memberikan informasi pribadi kepada siapapun, termasuk kepada petugas bank. Biasanya, pihak bank tidak akan meminta Anda untuk memberikan data pribadi karena bersifat rahasia.

Beberapa data yang bersifat rahasia dan tidak boleh disebarluaskan adalah User ID, PIN, Nomor Kartu Kredit, Password, dan Kode OTP. Selain itu, berhati-hatilah terhadap situs maupun media sosial yang mengatasnamakan bank yang Anda gunakan. Selalu cek situs dan akun media sosial resmi dari bank terkait agar tidak terjebak dengan muslihat penipu.

  1. Mengaktifkan Fitur Keamanan Tambahan

Salah satu fitur keamanan tambahan yang bisa Anda gunakan untuk menambah keamanan informasi pribadi Anda adalah dengan mengaktifkan Two-Factor Authenticator (2FA).

Anda bisa mengaktifkan 2FA ini pada akun pribadi Anda yang berkaitan dengan transaksi maupun perbankan.

  1. Menggunakan Jaringan Internet Pribadi

Cara lain untuk menghindari penipuan adalah dengan menggunakan koneksi pribadi saat melakukan transaksi online. Banyak sekali jaringan publik atau Wi-Fi yang sudah diatur oleh penipu untuk menjebak banyak orang. Jangan sekali-sekali melakukan koneksi ke jaringan-jaringan umum yang mencurigakan.

  1. Abaikan Jika Terlihat Mencurigakan

Cara menghindari penipuan mengatasnamakan bank yang terakhir adalah dengan mengabaikan telepon maupun pesan-pesan yang mencurigakan. Jika ada nomor telepon ataupun sms yang mengatasnamakan bank tetapi Anda tidak merasa pernah mengalami masalah apapun, abaikan pesan/telepon tersebut. Besar kemungkinan bahwa itu adalah salah satu cara penipu untuk menjebak Anda.

Itulah 5 cara menghindari penipuan mengatasnamakan bank yang perlu diperhatikan dengan seksama. Semoga kita semua terhindar dari jebakan para penipu yang ingin mengambil keuntungan dari kita dengan cara yang tidak baik

Topik Menarik