Luhut Ikut Urusi Minyak Goreng, Kemendag Beri Penjelasan

Luhut Ikut Urusi Minyak Goreng, Kemendag Beri Penjelasan

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 24 Mei 2022 - 08:59
share

JAKARTA Kementerian Perdagangan menjelaskan soal peran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam mengurusi permasalahan minyak goreng.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan menilai Menko Luhut sebagai sutradara terhadap pengembangan sistem aplikasi pemerintah untuk distribusi minyak goreng di Jawa Bali.

Jadi Pak Luhut kan telah berpengalaman di PPKM lewat PeduliLindungi, nanti Pak Luhut itu semacam sutradaranya tapi pemimpinnya tetap Pak Presiden," kata Oke Nurwan, Selasa (24/5/2022).

Ke depan, Luhut akan membantu dengan memberi arahan terhadap pengembangan sistem aplikasi pemerintah untuk distribusi minyak goreng. Salah satu saran yang ia beri adalah agar masyarakat menggunakan Nomor Induk Kependudukan untuk membeli minyak goreng curah ketimbang membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Kita kan sudah ada sistem aplikasi untuk distribusi minyak goreng lewat Simirah yang harus pakai KTP, sekarang kita kembangkan sistem baru lagi. Simirah diperkuat biar enggak hanya pakai KTP tapi pakai NIK. Kata pak Luhut NIK saja," ujarnya.

Dia menuturkan dengan melalui integrasi dengan NIK, pemerintah akan mengetahui histori pembelian minyak goreng seseorang.

"Jadi (penggunaan) NIK seperti Peduli Lindungi. Dia beli di sana lalu di situ, akan ketahuan. Itu yang kami sempurnakan, itu kan cita-citanya " kata Oke.

Topik Menarik