Breaking News! Pelantikan Komisioner OJK Periode 2022-2028 Batal

Breaking News! Pelantikan Komisioner OJK Periode 2022-2028 Batal

Ekonomi | infobanknews.com | Senin, 23 Mei 2022 - 21:01
share

Jakarta Kabar mengejutkan kembali datang dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pelantikan anggota dewan komisioner (ADK) OJK yang direncanakan besok 24 Mei 2022 dipastikan batal, dan diundur sampai batas yang belum jelas. Batalnya pelantikan tersebut terinfo dari pihak Mahkamah Agung (MA).

Seperti periode ADK OJK 2017-2022, serah terima dilakukan pada bulan Juli untuk melengkapi masa tugas lima tahun. Namun belakangam disepakati bahwa pelantikan akan dimajukan menjadi tanggal 24 Maret 2022. Akan tetapi, kabar terbaru yang diterima Infobanknews bahwa pelantikan esok hari dibatalkan.

Padahal Pihak MA sudah menyiapkan tenda besar dan live streaming. Juga, undangan kepada pihak pihak yang terkait . Menurut sumber Infobanknews, batalnya pelantikan ADK OJK dikarenakan padatnya jadwal kegiatan Ketua MA Muhammad Syarifuddin. Pasalnya, waktu dan tanggal pelantikan ADK OJK yang dimajukan esok hari (24/5) tidak pas dan berbenturan dengan kegiatan Ketua MA.

Berikut foto tenda pelantikan ADK OJK yang sudah disiapkan MA:

Diberitahukan dengan hormat bahwa pengucapan sumpah ketua dewan komisioner dan wakil ketua dewan komisioner serta anggota dewan komisioner OJK belum ditentukan tanggal pelaksanaannya hal ini disebabkan karena padatnya kegiatan Ketua MA, demikian harap maklum dan terima kasih, sebut sumber Infobanknews di Mahkamah Agung, Senin, 23 Mei 2022.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso dikabarkan juga sudah kembali dari Paris. Wimboh sendiri melakukan perjalanan dinas dalam rangka pertemuan OECD di Paris dan menjadi salah satu pembicara di World Economic Forum (WEF) di Davos-Swiss.

Kegiatan selama di Paris dalam dua hari khususnya menyampaikan peran OJK dalam sustainable finance setelah Presiden RI meluncurkan Taksonomi Hijau dan penempatan pegawai OJK selama tiga tahun bekerja di OECD dalam pengembangan Sustainabilitas Finance.

Terkait pembatalan pelantikan, Infobanknews sudah menerima tautan YouTube yang menyebutkan bahwa acara akan digelar pada 24 Mei 2022, pukul 08.30. Hingga artikel ini ditulis, tautan dengan judul Pengucapan Sumpah Jabatan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Di Hadapan Ketua Mahkamah Agung ini masih terpampang di kanal youtube Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Menurut seorang pengamat maju mundurnya pelantikan OJK yang merupakan lembaga superbody ini disayangkan, karena menilai lembaga OJK seperti barang mainan.

Sepertinya bukan karena kesibukan Ketua MA, karena toh tenda besar sudah disiapkan. Saya menduka ada hal besar di balik itu. Padahal, kalau dilaksanakan besok tidak ada yang dilanggar, karena maksimal 30 hari dari penetapan DPR tidak terlampaui. Saya kalau jadi Ketua OJK, tentu dengan ADK OJK lainnya akan menenui Ketua MA untuk mendukung serag terima besok 14 Mei 2022, kata seorang pengamat kepada Infobanknews.

Berikut susunan Dewan Komisioner OJK periode 2022-2027:

Editor: Rezkiana Nisaputra

Topik Menarik