Loading...
Loading…
Dukung Kenaikan Tarif Listrik, IESR: Harusnya Berlaku untuk Semua Golongan

Dukung Kenaikan Tarif Listrik, IESR: Harusnya Berlaku untuk Semua Golongan

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Minggu, 22 Mei 2022 - 12:17

IDXChannel - Ahli transisi energi dan Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR), Fabby Tumiwa menyatakan dukungannya terhadap kebijakan pemerintah menaikkan tarif listrik untuk pelanggan golongan 3.000 VA ke atas.

"Saya mendukung kebijakan ini, apalagi sejak 2018 belum ada kebijakan untuk kenaikan tarif listrik" ujarnya kepada MPI, Minggu (22/5/2022).

Namun menurutnya kebijakan ini akan semakin baik jika diberlakukan untuk semua golongan secara proposional, mengingat kecilnya populasi pelanggan diatas 2200 VA.

"Ini kan persoalan dasarnya biaya pokok produksi tenaga listrik itu jauh melampaui rata-rata tarif listrik. Jadi kalau diberlakukan di semua golongan secara proposional dan tetap melihat kemampuan ekonomi sebagai pertimbangan tentu juga akan membantu finansial PLN" ucapnya.

Ia menyatakan keputusan pemerintah membatalkan automatic tariff adjustment sejak 2018, kesenjangan biaya produksi dan rata-rata tarif PLN semakin melenceng. Akibatnya pemerintah menutup biaya nya kepada PLN dalam bentuk subsidi dan kompensasi.

"Kompensasi yang belum dibayarkan kepada PLN sejak 2 tahun lalu saja mencapai 48 triliun ditambah lagi dengan kompensasi tahun ini juga kalau tarif listrik diputuskan naik hanya yang 3000 va ke atas" ujarnya.

Baca Juga :
Penyesuaian TDL Harus Dilakukan di Tengah Meningkatnya Harga Biaya Produksi Listrik

PLN hidup dengan bisnisnya yang berjualan listrik, dengan keadaan PLN sekarang yang separuh keuangannya berasal dari APBN tentu ini menunjukkan keuangan PLN yang tidak sehat. Dan jika terus terulang tentu tidak menuutp kemungkinan kebangkrutan akan dialami oleh PLN.

"Menurut hemat saya ini pemerintah membuang-buang kesempatan, harusnya tahun ini sudah dilakukan penyesuaian tarif untuk semua golongan, mungkin tidak dinaikkan penuh tapi disesuaikan tarifnya untuk semua golongan" pungkasnya.

(IND)

Original Source

Topik Menarik

{