Loading...
Loading…
Ekspor CPO Dibuka, Pemerintah Minta Perusahaan Beli Buah Sawit dengan Harga Wajar

Ekspor CPO Dibuka, Pemerintah Minta Perusahaan Beli Buah Sawit dengan Harga Wajar

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Jumat, 20 Mei 2022 - 12:37

IDXChannel - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengimbau kepada para pengusaha untuk menyerap buah sawit para petani dengan harga yang wajar.

Mengingat adanya larangan ekspor CPO yang sudah terjadi sebelumnya praktis membuat harga buah sawit milik petani swadaya tidak laku di pasaran, bahkan memiliki harga yang rendah.

"Tentu bagi para perusahaan ini diharap agar bisa membeli CPO ataupun perusahaan CPO membeli TBS dari petani pada tingkat harga yang wajar," ujar Airlangga dalam konferensi persnya, Jumat (20/5/2022).

Airlangga mengatakan untuk menjamin harga TBS milik petani swadaya memiliki harga yang normal, maka pemerintah bakal melakukan pengaturan yang melibatkan pemerintah daerah.

"Sedangkan untuk menjamin pembelian TBS dari petani dengan harga yang wajar, ini dilakukan pengaturan yang melibatkan pemerintah daerah," sambungnya.

Seperti diketahui, sebelumnya para petani sawit swadaya melakukan aksi demontrasi untuk meminta pemerintah mencabut larangan ekspor CPO yang dianggap cukup banyak merugikan petani.

Ketua DPD APKASINDO (Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia) Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, Bagus Budiantoro mengungkapkan bahwa harga sawitnya hanya di hargai Rp1-2 ribu rupiah saja. Hal tersebut jauh dari harga normal ataupun harga sawit milik para petani mitra.

Baca Juga :
PKS: Pemerintah Tolong Tanggung Jawab, Beli Sawit Rakyat!

"Harga yang kemarin ditetapkan sebesar Rp4-5 ribu sekarang jatuh menjadikan Rp1000, sehingga kami tidak bisa membeli kebutuhan perawatan sawit," kata Bagus saat di temui MNC Portal di Jakarta.

(NDA)

Original Source

Topik Menarik