Kembangkan Jaringan Bisnis Global, BNI (BBNI) Buka Kantor Perwakilan di Amsterdam

Kembangkan Jaringan Bisnis Global, BNI (BBNI) Buka Kantor Perwakilan di Amsterdam

Ekonomi | BuddyKu | Kamis, 19 Mei 2022 - 08:36
share

IDXChannel - Dalam rangka mengembangkan jaringan bisnis global, emiten BUMN perbankan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), meresmikan pembukaan Kantor Perwakilan (Representative Office) di Amsterdam pada 17 Mei 2022.

Representative Office Perseroan tersebut berlokasi di Gedung World Trade Center yang merupakan commercial center dan terletak di lokasi strategis yaitu area Zuidas, Amsterdam, Belanda.

Dalam keterbukaan informasi BEI, dikutip Kamis (19/5/2022), Corporate Secretary BNI, Mucharom menjelaskan bahwa pembukaan Kantor Perwakilan tersebut merupakan salah satu upaya Perseroan dalam melakukan ekspansi kinerja bisnis luar negeri melalui ekspansi jaringan ke Amsterdam guna menangkap potensi bisnis di wilayah Eropa pasca Brexit, seiring dengan tren pemulihan ekonomi global.

"Tingginya volume transaksi perdagangan / trade (ekspor impor) Belanda dengan Indonesia, aliran Foreign Direct lnvestment (FDI) ke Indonesia, serta potensi Indonesia Related business, melatarbelakangi kehadiran Perseroan di Amsterdam, Belanda," ungkap Mucharom.

Selain itu, besarnya populasi diaspora Indonesia di Belanda, sangat berperan dalam mendukung berbagai aktivitas bisnis baik korporasi, UMKM, maupun berbagai bisnis transaksi global ritel ke depannya.

Adapun populasi Diaspora di luar negeri ini merupakan ceruk bisnis yang sangat potensial dalam ekosistem bisnis Internasional BNI, di mana saat ini Perseroan adalah bank asal Indonesia yang memiliki jaringan luar negeri terluas, berada di 6 negara seperti Singapura, Hong Kong, Tokyo, London, New York dan Seoul, ditambah dengan jaringan Perseroan di Amsterdam.

"Populasi Diaspora di Belanda ini merupakan potensi yang luar biasa bagi Indonesia, karena bisa menjadi sumber kekuatan untuk ekonomi Indonesia, antara lain dari besarnya dana remitansi yang dikirim ke Indonesia," kata Mucharom.

Saat ini Diaspora di luar negeri dapat mengakses layanan yang disediakan Perseroan, antara lain pembukaan rekening tabungan Diaspora tanpa mendatangi cabang atau Diaspora Saving melalui platform Mobile Banking BNI, Diaspora Lending, transaksi trade finance, bank guarantee dan layanan lainnya.

Dengan demikian, Pembukaan Representative Office BNI di Amsterdam akan memberikan dampak positif terhadap kinerja bisnis luar negeri Perseroan. (TYO)

Topik Menarik