KMP. Bahtera Nusantara 03 Mulai Beroperasi Layani Lintas Dompak-Matak-Penagi Kepri

KMP. Bahtera Nusantara 03 Mulai Beroperasi Layani Lintas Dompak-Matak-Penagi Kepri

Ekonomi | wartaekonomi | Rabu, 18 Mei 2022 - 20:00
share

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi melakukan peluncuran kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro 1500 Gross Ton (GT) yang melayani lintas Dompak-Matak-Penagi di Galangan PT. Karimun Anugrah Sejati (KAS), Batam. Acara ini digelar pada Rabu (18/ 5/2022 ) siang.

"Kita akan menyiapkan sarana prasarana bagi kapal, karena ini adalah amanat bapak Presiden bahwa kita harus menyiapkan sarana prasarana untuk daerah 3 TP (tertinggal, terluar, terdepan, dan perbatasan)," ungkap Dirjen Budi dalam kegiatan tersebut dikutip dari keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Menurut Dirjen Budi, kehadiran kapal yang diberi nama KMP. Bahtera Nusantara 03 ini di wilayah Batam dapat mempermudah mobilitas masyarakat yang akan menyeberang serta membuka akses yang lebih luas bahkan hingga ke wilayah di sekitar Batam maupun wilayah di Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya.

"Batam yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura juga merupakan prioritas kami untuk memperhatikan pembangunan sarana dan prasarana transportasinya. Dari yang disampaikan Bapak Presiden itu maka kami di Kementerian Perhubungan khususnya Ditjen Hubdat secara bertahap sudah mewujudkan semuanya. Kita bangun kapal dan dermaga di sini cukup banyak. Jadi semuanya ini tidak tiba-tiba, mudah-mudahan multiplier effect dari pembangunan kapal ini akan dirasakan masyarakat, jelas Dirjen Budi.

Baca Juga: Demi Masyarakat Nyaman, Kemenhub Siagakan Tambahan Kapal Laut di Titik Krusial

Dirjen Budi juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) yang telah mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk membuat KMP. Bahtera Nusantara 03 dan dapat menyelesaikannya tepat waktu.

"Kiranya kapal ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan tetap mengutamakan aspek keselamatan. Mohon Bapak Gubernur dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Riau dapat memanfaatkan ini dengan baik. Mudah-mudahan kehadiran kapal ini memberikan manfaat besar terutama dalam hal pemerataan, kesejahteraan, dan ekonomi masyarakat. Kami juga berterima kasih kepada Ibu Cen Sui Lan sebagai partner kami dalam bekerja dan menyalurkan aspirasi masyarakat sehingga ini semua dapat terwujud, maupun PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) untuk pendampingan sehingga kapal ini dapat selesai tepat waktu," ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP) Junaidi, menyatakan a cara peluncuran ini merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk selalu memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah terutama di wilayahwilayah yang terpencil .

"S ebagaimana misi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yaitu menciptakan sistem pelayanan transportasi darat yang aman, selamat, dan mampu menjangkau masyarakat dan wilayah Indonesia," kata Junaidi.

Baca Juga: Kemenhub Dukung Upaya Polri Tuntaskan Pungli di Parkir Menara Suar Anyer

Junaidi melanjutkan bahwa dalam Tahun Anggaran 2022 ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Satker Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan melaksanakan penyelesaian pembangunan kapal penyeberangan sebanyak 2 (dua) unit kapal penyeberangan.

Adapun spesifikasi teknis KMP. Bahtera Nusantara 03 ini yaitu panjang keseluruhan 71,92 m, lebar: 14 m, tinggi: 4,6 m, kecepatan dinas: 15 knot.

Baca Juga: Demi Masyarakat Nyaman, Kemenhub Siagakan Tambahan Kapal Laut di Titik Krusial

"Kapal ini mampu mengangkut penumpang sebanyak 386 orang dan ABK 24 orang, serta kendaraan 14 unit truk besar, 12 unit truk sedang, dan 10 unit kendaraan roda 4," pungkas Junaidi.

Topik Menarik