Mendag Lutfi Pimpin Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN di AEM <i>Special Meeting</i> 2022

Mendag Lutfi Pimpin Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN di AEM Special Meeting 2022

Ekonomi | okezone | Rabu, 18 Mei 2022 - 19:41
share

JAKARTA Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi dan Para Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Ministers/AEM) kembali menggelar pertemuan hari kedua pada AEM Special Meeting di Jimbaran, Bali.

Pertemuan fisik dalam format retreat tersebut hari ini dipimpin oleh Mendag Lutfi, yang juga merupakan inisiator acara.

Selama lebih dari tiga jam pertemuan tersebut dilakukan dalam suasana dialog yang bebas dan informal.

Para menteri ekonomi dari 10 negara ASEAN mengedepankan kesatuan pemahaman dan cara pandang untuk semua isu yang dibahas. Mulai dari evaluasi hasil dari KTT AS-ASEAN minggu lalu, menganalisa situasi ekonomi dunia, menganalisa kondisi, tantangan dan prioritas pembagunan masing-masing negara, memperlancar rantai pasokan antar negara ASEAN, serta memastikan semakin terintegrasinya perekonomian ASEAN terhadap rantai pasok dunia.

Pertemuan istimewa tersebut juga membahas proposal kerjasama yang diajukan kawasan ekonomi lainnya. Contohnya sepertI IndoPacific Economic Framework yang didorong AS, Strategi on IPEF yang didorong Uni Eropa, dan ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF), yang merupakan komitmen bersama ASEAN dalam memulihkan perekonomian kawasan.

Demikian juga evaluasi atas relevansi dan efektivitas dari berbagai aspek yang selama ini menjadi keunikan, keistimewaan dan kekuatan ASEAN.

Seperti yang selama ini dikenal dengan the ASEAN Way yang terdiri dari kesatuan ASEAN (unity), sentralitas ASEAN (centrality) dan komunitas (community) ASEAN. Selain itu pembahasan juga mencakup penilaian bersama atas the ASEAN Charter, serta perlunya untuk lebih memberdayakan Sekretariat ASEAN.

Topik Menarik