Loading...
Loading…
Mau Mulai Usaha Modal Kecil? Berikut Tips dari MotionBanking dan Kredit Pintar

Mau Mulai Usaha Modal Kecil? Berikut Tips dari MotionBanking dan Kredit Pintar

Powered by BuddyKu
Ekonomi | IDX Channel | Rabu, 18 Mei 2022 - 09:45

IDXChannel - Sekarang siapa pun bisa memulai usaha sendiri, asalkan memiliki waktu, kemampuan, dan modal dana. Di sisi lain, usaha modal kecil bisa menjadi ide yang bagus untuk dicoba bagi Anda yang ingin memulai berbisnis, tapi belum rela untuk mengeluarkan modal yang relatif besar.

Namun, apakah usaha modal kecil bisa bertahan dalam jangka waktu panjang? Dalam artikel ini, Anda akan menemukan tips memulai dan berbagai ide usaha modal kecil.

Tips Memulai Usaha Modal Kecil
Meskipun dimulai dengan modal kecil, Anda tak perlu khawatir tidak bisa maju. Berikut adalah berbagai tips yang bisa dilakukan untuk mengembangkan usaha modal kecil

1. Kenalkan produk/jasa yang dijual, ke orang terdekat
Dengan modal terbatas, artinya Anda juga akan membatasi biaya pemasaran usahamu. Eits, jangan berkecil hati dulu karena hal ini bisa disiasati dengan mengenalkan usahamu ke orang terdekat.

Manfaatkan fitur status pada aplikasi WhatsApp untuk mempromosikan produk/jasa yang dijual agar banyak orang yang mengetahuinya. Biasanya, jika ada penonton status yang tertarik, mereka akan langsung merespon status yang dibagikan, sehingga cara ini cenderung mempermudah calon konsumen untuk mengenal produk/jasa yang dijual.

2. Membuat target pencapaian agar usaha modal kecil bisa berkembang
Dalam menjalankan usaha, mungkin ada satu waktu di mana Anda merasa lelah dan merasa bahwa usaha yang dijalankan tidak bisa berkembang lagi. Hati-hati, bisa jadi hal ini disebabkan karena Anda tidak membuat target pencapaian.

Padahal dalam berbisnis, baik dengan modal besar maupun kecil, target pencapaian adalah hal yang wajib dimiliki agar pemiliknya bisa menilai perkembangan bisnis yang dijalankan.

Misal, seorang pemilik bisnis menetapkan target penjualan bulanan sebesar 10 barang, namun ternyata hanya berhasil melakukan penjualan 8 barang. Dari ilustrasi tersebut, bisa disimpulkan bahwa pemilik bisnis tidak bisa memenuhi target. Jadi, untuk mengetahui perkembangan bisnis, buatlah target pencapaian.

3. Konsisten menjalankan bisnis
Bukan rahasia lagi jika berbisnis terkadang cukup menguras emosi dan energi. Namun, jika kegiatan berbisnis dilakukan secara konsisten untuk mencapai target, akan ada rasa kemenangan yang bisa dinikmati nantinya.

Selain itu, dengan konsisten berbisnis, pemilik bisnis juga bisa menambah kelihaiannya dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam bisnis.

Contoh Usaha Modal Kecil
Tertarik memulai usaha modal kecil? Simak rekomendasinya berikut ini.

1. Les privat online
Sejak adanya pandemi Covid-19, ada banyak usaha jasa les privat beralih menjadi les privat online untuk mengakomodasi murid-murid yang lebih nyaman belajar secara online untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

Ternyata, dengan adanya peralihan menuju les privat online, pemilik bisnis bisa menjangkau lebih banyak murid yang berada di luar kota karena jasa tersebut bisa diakses secara online. Umumnya, pemilik bisnis memanfaatkan aplikasi Zoom untuk melaksanakan kegiatan belajar melalui les privat online.

2. Jual barang daur ulang
Dengan maraknya tren belanja online, ada kecenderungan bahwa masyarakat akan menimbun sampah kemasan berupa kardus dan plastik. Materi kemasan tersebut dianjurkan untuk didaur ulang agar tidak menjadi sampah yang menumpuk.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kreativitas untuk mendaur ulang plastik dan kardus. Eits, justru hal ini menjadikan jual barang daur ulang sebagai salah satu potensi usaha modal kecil yang patut dicoba.

Jika Anda memiliki kreativitas mendaur ulang sampah tersebut menjadi barang yang berguna, jangan ragu untuk mencoba bisnis barang daur ulang. Ada banyak benda yang bisa dibuat dari sampah plastik, botol, dan kardus, seperti; eco brick, pot bunga, asbak, dan barang-barang lain.

3. Menjual jasa sebagai pekerja lepas
Belakangan ini pekerjaan sebagai pekerja lepas cukup populer dibicarakan anak muda. Pasalnya, dalam berbagai situs pekerja lepas di seluruh dunia, ada banyak potensi bisnis jasa yang bisa digali, mulai dari jasa desain, menulis, pengisi suara, dan masih banyak lagi.

Situs tersebut juga umumnya tidak membatasi kewarganegaraan seseorang untuk menjual jasanya, sehingga bisa saja warga Indonesia memiliki penghasilan dalam valuta asing sesuai dengan negara yang mengoperasikan situs pekerja lepas yang dipakai.

Itulah berbagai ide usaha modal kecil yang bisa dicoba. Khawatir tentang modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha? Tenang, ada penyedia pinjaman online yang siap diandalkan untuk jalankan ide tersebut.

Gunakan fasilitas pinjaman dari Kredit Pintar melalui tautan berikut bit.ly/installKPxMB dan mencairkannya melalui MotionBanking untuk mendapatkan cashback sebesar Rp75.000. Info lebih lanjut kunjungi https://bit.ly/KreditPintarMB.

Bagi Anda yang ingin menjadi nasabah MotionBanking, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google Play Store dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

(IND)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{