21.000 Ekor Sapi Perah Bisa Tertular PMK, Anggota KPSBU Lembang KBB Resah

21.000 Ekor Sapi Perah Bisa Tertular PMK, Anggota KPSBU Lembang KBB Resah

Ekonomi | BuddyKu | Selasa, 17 Mei 2022 - 22:56
share

BANDUNG BARAT, iNews.id - Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi dan kambing atau domba, membuat resah anggota Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU), Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Mereka khawatir 21.000 ekor sapi perah terpapar penyakit tersebut.

Anggota kami punya sekitar 21.000 ekor sapi perah. Mereka khawatir akan penyebaran wabah PMK ini, kata Ketua KPSBU Lembang Dedi Setiadi, Selasa (17/5/2022).

Terkait ancaman penyakit itu, ujar Dedi Setiadi, KPSBU Lembang melakukan upaya antisipasi sejak dini. Sebab jika sampai wabah tersebut masuke ke Lembang kemudian menularkan, dapat membuat para peternak sapi perah rugia karena akan berimbas kepada pendapatan mereka.

Upaya yang dilakukannya seperti memberikan pemahaman para peternak soal ciri-ciri penyakit ini, himbauan dan pengecekan kesehatan hewan oleh petugas keswan dari KPSBU, pembersihan kandang hewan, dan memperhatikan pola makannya.

Semaksimal mungkin kita berupaya agar PMK tidak masuk ke Lembang, sejauh ini pun belum ada temuan di para anggota. Semoga saja tidak terjadi, ujar Dedi Setiadi.

Mereka pun diminta untuk sementara tidak membeli hewan ternak dari luar daerah, dan selalu melakukan disinfektan kandang sapi. Ini mengingat PMK dapat menular melalui udara dengan radius hingga 60 KM dan juga melalui air.

Dedi Setiadi menuturkan, jika ada sapi perah yang terpapar PMK akan menyebabkan penurunan produksi susu sapi, yang berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Produksi susu bisa turun drastis jika sapi terpapar PMK dari 25 sampai 80 persen, tutur Dedi.

Topik Menarik