BUMN Distribusi Minyak Goreng Curah ke 40 Juta Warga Miskin, Harga Dipatok Rp14.000 per Liter

BUMN Distribusi Minyak Goreng Curah ke 40 Juta Warga Miskin, Harga Dipatok Rp14.000 per Liter

Ekonomi | inewsid | Selasa, 17 Mei 2022 - 19:08
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian BUMN akan mendistribusikan minyak goreng curah kepada 40 juta warga miskin di 5.000 titik di Indonesia dengan harga dipatok Rp14.000 per liter.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga, mengatakan proses distribusi minyak goreng curah tersebut akan dilakukan Holding BUMN Pangan atau ID Food ke 5.000 titik, setelah itu akan menyusul ke 40 juta masyarakat miskin.

"Distribusi ini targetnya sampai ke 40 juta warga miskin. Masyarakat miskin ini bisa membeli 1-2 liter minyak goreng curah per hari," ungkap Arya, saat ditemui wartawan di kawasan Sarinah, Selasa (17/5/2022).

Menurut dia, pemerintah sudah meminta BUMN Pangan menangani distribusi minyak goreng curah dengan harga eceran tertinggi (HET) Rp14.000 per liter. Holding BUMN Pangan ini juga akan melibatkan pengecer minyak goreng karena para pengecer ini memiliki jaringan yang cukup banyak.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN 1 Pahala N Mansury meninjau langsung ketersediaan dan harga minyak goreng curah di pasar tradisional dan mitra Warung Pangan. Tinjauan ini dijadikan pilot project distribusi minyak goreng curah di DKI.

Menurut Pahala, pada Mei 2022 ini target adalah 5.000 titik lokasi secara nasional, yang merupakan sinergi antara Kementerian BUMN, Kementerian Perdagangan dan Kementerian terkait lainnya serta para supplier industri minyak goreng di Indonesia.

Pahala juga menyampaikan harapannya, agar ID Food Grup terus melakukan penyesuaian atas aplikasi Warung Pangan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) untuk memastikan pendistribusian minyak goreng serta monitoring keterjangkauan harga minyak goreng sampai ke tingkat konsumen yang dapat diakses secara online.

Saat ini, Mitra Warung Pangan PPI sebanyak 69.000 yang tersebar di lebih dari 27 kota di Indonesia. Jaringan distribusi warung pangan ini yang akan terus dikembangkan oleh PPI sebagai Langkah strategis lainnya dalam menjalankan program pemerintah, khususnya minyak goreng dan secara umum ketersediaan dan keterjangkauan pangan di masyarakat.

Target Pilot project distribusi minyak goreng curah harga Rp.14.000/liter akan didistribusikan ke 5.000 titik lokasi yang tersebar seluruh Indonesia sinergi BUMN dan Kementerian Perdagangan, Kementerian terkait hingga private sector, ungkap Pahala.

Menurutnya, pilot project ke 5.000 titik ini akan dilaksanakan BUMN Holding Pangan bersama anak usahanya di sektor perdagangan yakni PT Perusahaan Perdagangan Indonesia dan Rajawali Nusindo.

Topik Menarik