Pameran KKI Dorong Penguatan Kapasitas IKM

Pameran KKI Dorong Penguatan Kapasitas IKM

Ekonomi | koran-jakarta.com | Selasa, 17 Mei 2022 - 17:14
share

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memperkuat kapasitas IKM atau UMKM nasional. Sejumlah sinergi dilakukan oleh sejumlah kementerian agar semakin banyak IKM yang naik kelas. Tahun ini misalnya digelar Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI).

Direktur Industri Aneka dan IKM Kimia, Sandang dan Kerajinan Kemenperin, Ibu Ni Nyoman Ambareny menuturkan, KKI diselenggarakan secara hybrid pada 18 - 29 Mei 2022. Adapun tema yang diusung pada KKI kali ini adalah "UMKM Indonesia Bangkit melalui Digitalisasi dan Globalisasi menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Berkelanjutan".

"Melalui KKI, UMKM binaan dan kementerian/ lembaga di seluruh Nusantara didorong untuk secara kontinu melakukan inovasi, memperbaiki kualitas produk sesuai selera pasar dan berorientasi ekspor, serta memanfaatkan platform digital, agar dapat menembus pasar internasional," tutur Ni Nyoman Ambareny dalam konferensi pers bersama terkait Pameran KKI di Jakarta, Selasa (17/5).

Dia menuturkan pada tahun ini ada sejumlah sinergi dalam rangka peningkatan kapasitas IKM. Itu merupakan kelanjutan sinergi yang dilakukan sejak 2021. Pada tahun ini ada kegiatan Bangga Buatan Indonesia (BBI) Kemenperin di Lampung serta paritisipasi dalam Pameran KKI 2022.

Kepala Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia (BI) Yunita Resmi Sari yang hadir dalam konferensi pers itu mengatakan, dengan semakin besarnya e commerce harapannya semakin banyak UMKM yang naik kelas dan itu diterima oleh pihak perbankan dalam menyalurkan kredit.

"Ada 5,4 juta nasabah baru dalam setahun terakhir,"sebutnya. Kata dia, ini menunjukan semakin tumbuhnya UMKM kita.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan berharap agar kontribusi ekspor UMKM terhadap ekspor non migas kian meningkat.

"Saat ini kontribusinya memang 14 persen tetapi lebih banyak disumbang oleh pengusaha besar,"papar dia. Dirinya berhatap agar sumbangan ekspor dari UMKM skala kecil dan menengah juga semakin meningkat.

Topik Menarik