Datang ke Indonesia November, Elon Musk Siap Jajaki Kerja Sama dengan RI

Datang ke Indonesia November, Elon Musk Siap Jajaki Kerja Sama dengan RI

Ekonomi | sindonews | Selasa, 17 Mei 2022 - 11:15
share

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan optimistis Tesla dan Space X berkeinginan investasi di Indonesia dan akan membangun pabrik di Indonesia. Hal itu disampaikan Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan bahwa saat menemani Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Elon Musk CEP Tesla di kantor Space X di Amerika Serikat baru-baru ini.

"Pemerintah dapat memberikan sumber energi listrik rendah emisi dengan harga yang kompetitif dan juga sumber daya mineral yang ditambang untuk pabrik mobil dan baterai Tesla jika dibangun di Indonesia," ungkap Jodi dikutip melalui pernyataannya, di Jakarta, Selasa, (17/5/2022).

Dia menyampaikan Indonesia memiliki kesamaan visi dengan Tesla untuk mendorong pengembangan renewable energy atau energi terbarukan melalui mobil listrik. Elon Musk sendiri serius ingin membangun investasi baterai kendaraan listrik atau EV di Indonesia tepatnya di kawasan hijau atau green industrial park di Kalimantan Utara.

Dalam kunjungannya ke Space X pada pekan lalu, Jokowi mengundang Elon Musk untuk datang ke Indonesia. Pemeilik Tesla mengatakan akan berencana datang ke Tanah Air pada November tahun ini. "Mudah-mudahan di November, terima kasih atas undangannya," ujar Elon Musk dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet.

Elon mengaku tertarik dengan peluang investasi energi terbarukan di Indonesia. Ia menilai Indonesia memiliki prospek cerah dalam bisnis energi hijau, khususnya kendaraan listrik. "Saya rasa Indonesia memiliki potensi yang besar, dan saya rasa kita melalui Tesla dan Space X akan mencoba beberapa kerja sama dengan Indonesia," kata dia.

Topik Menarik