Bertemu Elon Musk di Amerika, Jokowi Tekankan Soal Investasi dan Inovasi

Bertemu Elon Musk di Amerika, Jokowi Tekankan Soal Investasi dan Inovasi

Ekonomi | sindonews | Senin, 16 Mei 2022 - 14:04
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Amerika Serikat (AS) mengunjungi markas SpaceX di Boca Chica, Sabtu (14/5). Pada kesempatan tersebut, Jokowi bertemu langsung dengan Elon Musk dan meninjau produksi roket SpaceX.

Mengutip YouTube Sekretariat Presiden, Senin (16/5/2022), Jokowi membeberkan beberapa hal yang sempat didiskusikan bersama bos kendaraan listrik Tesla tersebut.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," papar Jokowi.

Menurut Jokowi, Elon Musk juga sangat tertarik untuk segera datang ke Indonesia. "Tadi sampaikan untuk bisa datang ke Indonesia," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Elon Musk mengatakan pihaknya sangat bersemangat terkait masa depan Indonesia.

"Indonesia punya banyak potensial dan kami bekerja dengan dekat terkait kemitraan dan kolaborasi Tesla dan SpaceX. Kami bersemangat karena kalian sangat bersemangat dan memiliki energi positif," ujarnya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga bertemu dengan Elon Musk di Giga Factory Tesla, Austin, Texas. Pertemuan dengan orang terkaya dunia itu membahas potensi nikel sebagai bahan baku kendaraan listrik.

Luhut menyebutkan bahwa Jokowi diundang Elon Musk untuk bertandang ke SpaceX dalam unggahan Instagramnya. Elon Musk saat itu juga berjanji mengubah jadwalnya agar bisa menemui langsung presiden Jokowi.

"Saya juga mengundang Elon Musk ke Indonesia dalam forum B20, yaitu rangkaian dari kegiatan G20 yang akan diselenggarakan di Bali pada November nanti," ujarnya.

Topik Menarik