Beber Kebijakan Transisi Energi, Jokowi Ajak Pelaku Bisnis AS Investasi di RI

Beber Kebijakan Transisi Energi, Jokowi Ajak Pelaku Bisnis AS Investasi di RI

Ekonomi | BuddyKu | Senin, 16 Mei 2022 - 11:56
share

IDXChannel - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan para CEO dari perusahaan-perusahaan besar Amerika Serikat dalam rangkaian kunjungannya untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Khusus ASEAN-Amerika Serikat (KTT ASEAN).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi mengungkap sejumlah kekayaan alam Indonesia yang mendukung proses transisi energi. Oleh karena itu, dirinya mengajak para bos perusahaan sana untuk berinvestasi di Indonesia.

"Kami memastikan, bahwa produksi barang-barang penting akan dihasilkan dari pembangkit listrik yang ramah lingkungan dan kami mengundang para pelaku bisnis di Amerika untuk berinvestasi di Indonesia," ujar Jokowi, dikutip dari Youtube Kesekretariatan Presiden, Senin (16/5/2022).

Jokowi membeberkan, Indonesia memiliki sumber energi hijau yang potensial dikembangkan, yaitu tenaga hidro dan geothermal.

Untuk tenaga hidro, sumbernya dikembangkan dari 4.400 sungai di Indonesia. Sementara geothermal memiliki potensi setidaknya 29.000 MW.

Jokowi juga mengatakan, dalam subsektor mineral, Indonesia menjadi negara penghasil biji nikel terbesar di dunia. Indonesia juga berkembang pesat dalam industri besi dan baja, dan saat ini menjadi negara penghasil besi baja stainless terbesar ke-2 dunia.

"Transformasi ini akan diikuti oleh tembaga dan bauksit. Aluminium juga menjadi tulang punggung industri EBT termasuk baterai lithium dan mobil listrik," pungkasnya. (TYO)

Topik Menarik