Menteri ESDM Bahas Energi Bersih untuk Gaet Investor ke RI

Menteri ESDM Bahas Energi Bersih untuk Gaet Investor ke RI

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 15 Mei 2022 - 21:01
share

JAKARTA - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menekankan pentingnya pemanfaatan energi bersih untuk mendatangkan investor ke Indonesia.

Melalui pengoperasian pembangkit listrik berbasis gas seperti PLTGU Riau, misalnya, pemanfaatan energi bersih di Indonesia semakin masif.

Menurut data SKK Migas, hingga 31 Desember 2021, cadangan gas di Indonesia mencapai 42,93 triliun kaki kubik.

"Kita memiliki sumber energi baru terbarukan yang bersih cukup besar dengan potensi yang mencapai ribuan gigawatt dan kita baru memanfaatkannya sedikit saat ini," jelas Arifin dalam keterangannya, Minggu (15/5/2022).

Memang untuk saat ini, optimalisasi infrastruktur sektor energi menggunakan sumber yang ramah lingkungan membutuhkan biaya yang besar.

Namun jika terus dimasifkan, biayanya akan semakin murah.

Tidak hanya masyarakat yang diuntungkan dengan energi murah dan bersih, namun investor akan tertarik menanamkan modalnya.

"Yang sangat penting lagi saat ini, kita harus bisa mengupayakan bagaimana energi ini bisa murah, listrik ini bisa murah selain untuk kepentingan masyarakat juga untuk kepentingan industri karena dengan competitiveness-nya harga energi ini akan memberikan dorongan investasi untuk bisa masuk kedalam negeri. Untuk itu kita jangan melupakan efisiensi pengoperasian unit-unit pembangkit listrik kita," jelasnya.

Topik Menarik