BUMA Australia Raih Kontrak Proyek Baru Bara Bokas di Queensland

BUMA Australia Raih Kontrak Proyek Baru Bara Bokas di Queensland

Ekonomi | wartaekonomi | Minggu, 15 Mei 2022 - 17:17
share

PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan) mengumumkan bahwa anakperusahaannya, PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), melalui anak perusahaannya di Australia,BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia), akan segera memulai layanan penambangan baru untukBowen Coking Coal (BCC), perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Australia (ASX), untuk proyek batubara kokas semi keras Broadmeadow East (Proyek).

Kontrak baru tersebut senilai AUD320 juta untukjangka waktu tiga tahun, dengan opsi perpanjangan satu tahun (Kontrak).Proyek ini terletak 25 km timur laut dari kota Moranbah, di dalam Central Bowen Basin di Queensland.

BUMA Australia sendiri telah beroperasi di sekitar kawasan tersebut selama 14 tahun, di proyek Goonyellamilik BHP Billiton dan Mitsubishi Alliance (BMA). Proyek ini akan memproduksi 4,8Mtpa batu bara ROMselama empat tahun.

Ronald Sutardja, Presiden Direktur PT Delta Dunia Makmur Tbk, menjelaskan, kinerja dan rekam jejakBUMA Australia telah memperkuat hubungan dengan klien kami yang sudah ada. Kekuatan bisnisPerseroan memungkinkan kami untuk terus mencari kontrak-kontrak baru.

"Kami berterima kasih kepadaseluruh tim BUMA Australia karena berhasil mengamankan kontrak kedua dalam lima bulan terakhir sejakakuisisi kami atas Downer Mining East pada Desember tahun lalu," jelas Ronald.

Kontrak baru ini makin menyokong kehadiran BUMA Australia di Bowen Basin, dengan rekam jejakoperasional selama lebih dari 10 tahun di tambang batu bara kokas Blackwater BMA, dan 14 tahun ditambang batu bara kokas Goonyella BMA.

Pada 22 Februari 2022 lalu, BUMA Australia mengumumkantelah mendapatkan perpanjangan kontrak baru senilai AUD550 juta selama 5 tahun di tambangBlackwater milik BMA.

Kontrak baru ini pun menegaskan strategi Delta Dunia Makmur untuk tetap berkomitmen menyediakanlayanan pertambangan dari hulu ke hilir dan terus memperkuat lini bisnis di Indonesia dan Australia.

Tahun 2021 mencerminkan tahun transformasi bagi Delta Dunia Makmur dan menjadi landasan atas fondasiyang kuat untuk pertumbuhan perseoran yang berkelanjutan: Pendapatan dan EBITDA masing-masing meningkat 51% dan 43% YoY menjadi USD911 juta danUSD234 juta.

Volume pengupasan lapisan tanah penutup atau overburden removal (OB) dan produksi batu barameningkat secara YoY masing-masing sebesar 16% dan 19% menjadi 326 juta BCM dan 54 juta tonbatubara.

Perseroan secara aktif mengelola posisi pendanaannya, dengan lebih dari 60% kewajibannya jatuh tempo pada 2026 atau lebih.

Perseroan menambahkan lebih dari 880 juta BCM overburden removal dan lebih dari 119 juta tonproduksi batu bara ke dalam buku pesanannya melalui kontrak baru dan perpanjangan kontrak (tidaktermasuk kontrak yang diumumkan pada 2022).

Perseroan menyelesaikan akuisisi Downer Mining East, kontraktor pertambangan Tier 1 Australia,yang meningkatkan BCM dan pendapatan tahunan Perseroan hingga sekitar 50%.Perseroan memulai diversifikasi komoditas, melalui akuisisi 15,4% saham Asiamet Resources dengan portofolio proyek tembaga dan polimetalik di Indonesia.

Topik Menarik