Loading...
Loading…
Mengenal Do Kwon Usianya Baru 30 Tahun, Bos Kripto Terra Luna yang Nilainya Anjlok Parah

Mengenal Do Kwon Usianya Baru 30 Tahun, Bos Kripto Terra Luna yang Nilainya Anjlok Parah

Ekonomi | inewsid | Minggu, 15 Mei 2022 - 13:31

NEW YORK, iNews.id - Kripto Terra Luna anjlok hingga 98 persen dalam beberapa hari terakhir. Hal ini membuat para investornya rugi besar, kehilangan tabungan hari tua, rumah hingga bersiap menjadi gelandangan.

Kripto ini diciptakan oleh Do Kwon. Dia adalah salah satu pendiri dan CEO Terra. Tujuannya mendirikan Terra untuk menciptakan sistem pembayaran yang lebih efisien berdasarkan teknologi blockchain .

Ketika pertama kali diluncurkan pada Januari 2018, kripto tersebut memiliki 40 juta pengguna. Dia pun menjadi salah satu pengusaha kripto dari Korea Selatan yang paling dikenal karena ikut mendirikan dan memimpin Terraform Labs (Terra Luna) pada 4 tahun lalu.

Kwon lahir di Seoul, Korea Selatan pada 6 September 1991. Dia mendapatkan gelar sarjana ilmu komputer dari Universita Stanford pada 2015. Kwon memulai kariernya sebagai teknisi untuk Apple, lalu bekerja untuk Microsoft. CEO Terra Luna Do Kwon. Foto: Forbes

Sebelum mendirikan Terra Luna, pria 30 tahun ini lebih dahulu memulai perusahaan telekomunikasinya pada 2016, yang diberi nama Anafi. Anafi adalah solusi komunikasi peer-to-peer berbasis jaringan mesh. Kwon menjadi CEO perusahaan tersebut hingga 2017.

Baca Juga :
Rekomendasi Kripto: Makin Tak Berharga, Terra Berpeluang Pulih?

Setelah itu, dia bersama dengan Daniel Shin mendirikan Terraform Labs, sebuah perusahaan teknologi blockchain pada 2018. Tujuan utama perusahaan adalah untuk menciptakan kripto yang terdesentralisasi dengan harga yang dapat diprediksi. Terra Proof-of-Stake (PoS) adalah blockchain publik yang dibuat oleh Terraform Labs berdasarkan Cosmos Software Development Kit (SDK).

Perusahaan juga memproduksi koin stabil noninflasi LUNA. Perusahaan menggunakan koin ini sebagai aset asli di Terra Blockchain.

Koin stabil Terra akan digunakan oleh situs e-commerce berbasis UST, CHAI, yang dibuat di bawah pengawasan Terraform. TFL terus menciptakan teknologi, protokol, produk, dan platform blockchain baru di bawah kepemimpinan Do Kwon. Anchor, Prism, Astroport, dan Mirror hanyalah beberapa di antaranya.

Kwon bekerja pada sejumlah proyek kripto terkenal, termasuk Anchor Protocol dan Mirror Protocol, serta sektor blockchain secara umum. Pada 2019, Forbes memasukkan Kwon dalam daftar 30 Under 30 sebagai bintang baru di bidang keuangan dan modal ventura. Kwon juga telah melakukan sejumlah investasi pribadi dalam bisnis yang berfokus pada kripto seperti Flint, Iron Fish, pSTAKE, dan Ape Board, dengan total jutaan dolar AS.

Baca Juga :
Pendiri Bertaruh USD 1 Juta, Pastikan Harga Terra di Atas USD 88

Pada Januari 2022, perusahaan meluncurkan organisasi nirlaba bernama Luna Foundation Guard, menginvestasikan lebih dari 4,1 miliar dolar AS. Nirlaba berfokus pada ekosistem Terra dan berupaya menstabilkan volatilitas Luna dengan mendukungnya dengan TerraUSD.

Sementara itu, UST dan Luna memiliki dampak signifikan pada pasar Bitcoin. Namun, karena harganya anjlok, keduanya tidak lagi berfungsi sebagai koin stabil. Karena Luna terhubung ke UST, Kwon juga mengalami kerugian yang signifikan.

Banyak investor kripto khawatir tentang pergerakan harga ini, yang berdampak buruk pada Bitcoin dan pasar yang lebih besar. Banyak orang telah kehilangan sebagian besar tabungan hidup mereka.

Original Source

Topik Menarik

{
{