Pererat Hubungan Dagang Indonesia-India, Wamendag Temui Pelaku Usaha

Pererat Hubungan Dagang Indonesia-India, Wamendag Temui Pelaku Usaha

Ekonomi | jawapos | Minggu, 15 Mei 2022 - 11:11
share

JawaPos.com Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengungkapkan, India telah lama menjadi mitra dagang penting bagi Indonesia. Pemerintah Indonesia dan India sendiri berkomitmen untuk bersama-sama meningkatkan perdagangan bilateral dan investasi.

Hal ini disampaikan pada pertemuan dengan sejumlah pelaku usaha India di Indonesia beberapa waktu lalu. Adapun, pertemuan juga membahas terkait potensi meningkatkan kerjasama kedua negara.

Pertemuan ini sejalan dengan target pemimpin kedua negara untuk meningkatkan nilai perdagangan Indonesia-India menjadi USD 50 miliar pada 2025. Diharapkan kedua negara dapat menjalani pemulihan ekonomi dan menjadi lebih kuat, jelas dia dikutip, Minggu (15/5).

Sejumlah 45 pelaku usaha menginisiasi perkenalan dan mengutarakan perhatiannya terkait peluang usaha di Indonesia, seperti kendala impor bahan baku dan perizinan berusaha. Mereka juga menyampaikan apresiasinya atas bantuan pemerintah Indonesia untuk keberlangsungan usahanya.

Menurut data Badan Pusat Statistik, ekspor Indonesia ke India pada 2021 membukukan nilai USD 13,2 miliar atau meningkat 27,85 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Produk ekspor utamanya yaitu batu bara, minyak kelapa sawit, besi paduan, asam lemak monokarbosilik industri, dan bijih tembaga.

Sementara, impor utama Indonesia dari India yaitu produk besi setengah jadi, gula tebu atau bit, kacang tanah, daging sapi beku, dan besi paduan, tutur Jerry.

Wamendag menjelaskan, India merupakan sumber penanaman modal asing (foreign direct investment/FDI) ke-26 bagi Indonesia. Realisasi investasi India di Indonesia tercatat USD 49,5 juta yang tersebar dalam 465 proyek. Tiga sektor terbesar meliputi industri tekstil, lahan bangunan, kawasan industri dan aktivitas bisnis serta perdagangan dan reparasi, tandas dia.

Topik Menarik