Rekening Koran: Fungsi dan Cara Mencetaknya

Rekening Koran: Fungsi dan Cara Mencetaknya

Ekonomi | inewsid | Minggu, 15 Mei 2022 - 10:20
share

JAKARTA, iNews.id - Kamu yang sering melakukan transaksi perbankan pasti kerap mendengar istilah rekening koran. Nah, kita cari tahu yuk soal rekening koran: fungsi dan cara mencetaknya.

Rekening koran adalah ringkasan transaksi keuangan secara menyeluruh yang tercatat dalam suatu rekening, baik rekening pribadi, badan usaha atau organisasi. Dalam rekening koran terlampir rincian alur debit dan kredit, termasuk aktivitas transaksi dana masuk maupun keluar rekening.

Nah, jika kamu sering melakukan transaksi di rekening simpanan, maka lembar yang dicetak sebagai rekening koran akan semakin banyak. Biasanya, nasabah akan mencetak rekening koran dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan yang dibutuhkan untuk keperluan tertentu.

Lalu apa sih fungsi dan bagaimana cara mencetak rekening koran?

Fungsi Rekening Koran

Rekening koran memiliki beberapa fungsi bagi nasabah, berikut ini di antaranya:

1. Mengetahui Ringkasan Transaksi secara Detail

Rekening koran memiliki fungsi yang sama seperti buku tabungan, yakni menampilkan transaksi selama kurun waktu tertentu secara detail. Rekening koran berisi jumlah saldo awal dan akhir bulan, alur debit dan kredit, biaya administrasi, dan bunga bank.

Selain menampilkan tanggal transaksi, rekening koran juga menampilkan catatan transaksi.

2. Mengajukan Visa ke Luar Negeri

Jika kamu akan ke luar negeri dalam rangka dinas atau liburan harus memiliki visa. Nah, untuk mengajukan permohonan visa, salah satu syaratnya adalah rekening koran 3-6 bulan terakhir untuk membuktikan kamu memiliki dana yang cukup untuk tinggal di sana dalam kurun waktu tertentu.

Selain rekening koran, biasanya kamu juga harus menyertakan slip gaji, SPT PPh 21, dan Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

3. Mengajukan Pinjaman

Rekening koran juga dibutuhkan ketika kamu akan mengajukan pinjaman ke bank, baik Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Ini untuk membuktikan bahwa alur keuangan kamu sehat dan mampu untuk membayar cicilan tiap bulan.

4. Jadi Bukti Hukum

Jika kamu terlibat dalam perselisihan dengan pihak lain terkait dengan mutasi rekening, rekening koran bisa menjadi bukti hukum sah yang bisa digunakan.Misalnya, ketika kamu melakukan pembayaran belanja dengan mentransfer uang ke rekening penjual, namun penjual mengaku belum menerima uang yang kamu transfer, maka kamu bisa membuktikannya dengan rekening koran.

5. Bukti untuk Audit Keuangan Perusahaan

Bagi perusahaan, rekening koran sangat penting karena dapat merekap daftar keuangan perusahaan secara lengkap. Dengan mencetak rekening koran akan diketahui semua transaksi, termasuk jika terjadi transaksi tidak wajar, sehingga manajemen bisa langsung menanganinya.

6. Menjadi Syarat Lelang

Bagi yang ingin mengikuti lelang, terutama lelang proyek pemerintah atau swasta, biasanya akan diminta rekening koran. Tujuannya, untuk membuktikan peserta lelang bisa membayar jika menang lelang.

Cara Mencetak Rekening Koran

Cara mencetak rekening koran cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Kamu bisa datang langsung ke bank terdekat atau melakukannya secara online.

Jika membutuhkan stempet atau legalisir dari bank, maka kamu harus datang ke bank. Untuk mencetak rekening koran, kamu harus membawa buku tabungan, kartu identitas, kartu debit, dan uang untuk biaya mencetak.

Sementara untuk mencetak rekening koran secara online, baik melalui mobile banking atau internet banking. Berikut cara cetak rekening koran secara online sejumlah bank:

Cetak Rekening Koran BRI Online

Cetak Rekening Koran Mandiri Online

Cetak Rekening Koran BNI Online

Demikian mengenai rekening koran: fungsi dan cara mencetaknya. Semoga bermanfaat.

Topik Menarik