6 Fakta Pertemuan Jokowi dengan Elon Musk di Pabrik Roket SpaceX

6 Fakta Pertemuan Jokowi dengan Elon Musk di Pabrik Roket SpaceX

Ekonomi | okezone | Minggu, 15 Mei 2022 - 07:01
share

JAKARTA Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat, dalam rangka menghadiri KTT Khusus AS-ASEAN pada 12-13 Mei 2022.

Jokowi berangkat pada Selasa, 10 Mei 2022. Berikut fakta bawaan Jokowi dari AS yang dirangkum di Jakarta, Minggu (15/5/2022).

1. Bertemu Elon Musk

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya bertemu dengan CEO Tesla sekaligus penderi Space X Elon Musk di Boca Chica, Amerika Serikat, Sabtu (14/5/2022) waktu setempat.

Di mana Presiden Jokowi juga meninjau pabrik Elon Musk memproduksi roket.

Setiba Presiden Jokowi di Gedung Stargate Space X sekitar pukul 10.30 waktu setempat, dia langsung disambut oleh Elon Musk.

Keduanya sempat melakukan pertemuan sebelum berkeliling melihat fasilitas produksi roket Space X.

Presiden Jokowi menyebut kalau kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari perintahnya kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk berbicara dengan Elon Musk.

"Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerja sama yang akan datang," ujar Presiden Jokowi.

2. Hadiri KTT Khusus ASEAN-AS

Presiden Jokowi memang dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Khusus antara Para Pemimpin Negara Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan Amerika Serikat yang akan berlangsung di Washington D.C. pada 12-13 Mei 2022.

"Tadi mereka sangat puas dengan data yang mereka dapat sampai hari ini," ungkap Luhut.

Topik Menarik