Loading...
Loading…
5 Kota Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Didiami 16 Suku Bangsa

5 Kota Terbesar di Indonesia, Nomor 2 Didiami 16 Suku Bangsa

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Okezone | Minggu, 15 Mei 2022 - 06:19

MENURUT data Badan Pusat Statistik, luas wilayah Indonesia sebesar 1,92 juta kilometer persegi. Dari 34 provinsi, Papua merupakan provinsi dengan luas wilayah paling besar yakni 319.036,05 kilometer persegi. Lantas, kota mana sajakah yang wilayahnya luas? Berikut daftar kota paling besar di Indonesia.

1.Palangkaraya

Palangkaraya merupakan salah satu kota paling besar wilayahnya di Indonesia. Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki luas sebesar 2.853,52 kilometer persegi. Jika dibandingkan dengan luas wilayah Jakarta, maka kota ini setara 3,6 kali luas Jakarta.

Palangkaraya terbagi menjadi 5 kecamatan yaitu Kecamatan Pahandut dengan luas 119,37 kilometer persegi, Kecamatan Sabangau dengan luas 641,51 kilometer persegi, Kecamatan Jekan Raya 387,53 kilometer persegi, Kecamatan Bukit Batu 603,16 kilometer persegi, dan Kecamatan Rakumpit dengan luas 1.101,95 kilometer persegi. Palangkaraya memiliki berbagai kawasan hutan, kawasan pelestarian alam, dan kawasan suaka alam.

2.Dumai

Dumai menjadi salah satu kota paling luas wilayahnya di Indonesia. Kota yang berada di Riau ini memiliki luas wilayah 1.727,38 kilometer persegi.

Baca Juga :
Natalius Pigai Dipolisikan Atas Dugaan Rasisme ke Suku Minang, Ternyata Begini Ucapannya...

Di Dumai terdapat 7 kecamatan yaitu Kecamatan Bukit Kapur, Kecamatan Medang Kampai, Kecamatan Sungai Sembilan, Kecamatan Dumai Barat, Kecamatan Dumai Selatan, Kecamatan Dumai Timur, dan Kecamatan Dumai Kota. Setidaknya ada 16 suku bangsa yang hidup berdampingan di kota ini. Selain dikenal sebagai kota pelabuhan, Dumai merupakan kota dengan slogan Pengantin Berseri. Pengantin berarti Pelabuhan, Perdagangan, Tourism, dan Industri; sementara Berseri ialah Bersih, Semarak, Rukun dan Indah.

3.Tidore

Tidore merupakan sebuah kota yang berada di Maluku Utara dan menjadi salah satu kota dengan wilayah terbesar di Indonesia.

Luas wilayah Tidore mencapai 1.550,37 kilometer persegi. Kota Tidore memiliki 8 kecamatan yaitu Kecamatan Tidore Selatan, Kecamatan Tidore, Kecamatan Oba, Kecamatan Oba Utara, Kecamatan Tidore Utara, Kecamatan Tidore Timur, Kecamatan Oba Selatan, dan Kecamatan Oba Tengah. Wilayah kota Tidore berbatasan dengan Kabupaten Halmahera Barat di sebelah utara, Kabupaten Halmahera Selatan di selatan, Kabupaten Halmahera Timur dan Kabupaten Halmahera Tengah di timur, dan Kota Ternate di sebelah barat.

Baca Juga :
Punya Sejarah Panjang, Situs AlUla Harus Dilestarikan Selama 7.000 Tahun ke Depan!

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{