1.100 KRL Ternyata Kereta Bekas, KAI Ungkap Faktanya

1.100 KRL Ternyata Kereta Bekas, KAI Ungkap Faktanya

Ekonomi | BuddyKu | Minggu, 15 Mei 2022 - 04:39
share

JAKARTA Kementerian BUMN mengakui trainset atau rangkaian set kereta yang digunakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah kereta api bekas yang diimpor. Jumlahnya mencapai 1.100 unit.

Berikut fakta 1.100 KRL ternyata kereta bekas yang dirangkum di Jakarta, Minggu (15/5/2022).

1. Inka Produksi 16 Unit Trainset KRL

PT Inka (Persero) siap memproduksi rangkaian set Kereta Rel Listrik (KRL). Inka akan menyediakan 16 unit rangkaian set kereta yang nantinya digunakan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).

Saat ini INKA dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah menyepakati kerjasama pengadaan trainset tersebut. Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara INKA dan KAI, Senin (9/5/2022).

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menyebut langkah kedua perseroan sebagai bagian dari upaya pemerintah menekan impor rangkaian set kereta bekas dari negara lain.

"Jadi mereka ini akan melakukan pengadaan 16 unit kereta traniset. Dimana ini merupakan satu terobosan, kita harapkan memang di Indonesia ini sistem kereta api yang sehat," ungkap Kartika saat ditemui di kawasan Kementerian BUMN, Jakarta.

2. Banyak Rangkaian Set Kereta yang Masih Diimpor

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan masih banyak rangkaian set kereta yang masih diimpor, khususnya digunakan untuk Kereta Rel Listrik (KRL).

"Saat ini masih banyak kereta trainset yang diimpor," ungkap Tiko saat ditemui di kawasan Kementerian BUMN.

Topik Menarik