4 Fakta Menghebohkan Wabah PMK Serang Hewan Ternak

Powered by BuddyKu
Ekonomi | Okezone | Minggu, 15 Mei 2022 - 03:19
4 Fakta Menghebohkan Wabah PMK Serang Hewan Ternak

JAKARTA Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak terjadi di Jawa Timur. Namun, penularan PMK perlu diantisipasi agar tidak mewabah ke daerah atau provinsi lain.

Berikut fakta menarik wabah penyakit mulut dan kuku hewan yang dirangkum di Jakarta, Minggu (15/5/2022).

1. Jokowi Instruksikan Mentan Segera Lockdown

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo segera melakukan lockdown zonasi untuk menangani penyebaran penyakit kuku dan kulit yang menyerang hewan.

"Saya minta ini menteri pertanian segera dilakukan lockdown zonasi, lockdown di wilayah sehingga mutasi ternak dari satu tempat ke tempat yang lain atau pergerakan ternak dari kabupaten ke kabupaten apalagi provinsi ke provinsi betul-betul bisa dicegah," ujar Jokowi dalam memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna.

2. Daging Kerbau Impor India Aman?

Perum Bulog memastikan daging kerbau yang diimpor dari India tidak terinfeksi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Penyakit saat ini menginfeksi sejumlah hewan ternak di Jawa Timur.

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso menegaskan daging kerbau yang diimpor melalui pemeriksaan laboratorium yang ketat, sebelum di jual di pasar domestik.

"PMK tidak ada kaitannya dengan daging kerbau impor. Karena daging tersebut begitu sampai di Indonesia tidak bisa langsung jual karena ada pemeriksaan laboratorium, begitu layak konsumsi baru diedarkan," ujarnya saat ditemui di kawasan Bulog.

Artikel Asli