Mau Cuan Investasi Properti? Cermati 5 Tips Ini

Mau Cuan Investasi Properti? Cermati 5 Tips Ini

Ekonomi | sindonews | Sabtu, 14 Mei 2022 - 23:00
share

JAKARTA - Investasi bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengatur keuangan. Namun, banyak yang merasa bahwa berinvestasi terlihat sangat rumit dan sulit untuk dipahami terutama bagi pemula.

Pada umumnya, seorang pemula pasti memiliki kendala untuk memulai berinvestasi. Misalnya, bingung harus memulai dari mana, hingga sulit memilih produk investasi.

Adapun investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang populer di kalangan anak muda dan juga cukup menjanjikan. Pasalnya, berinvestasi properti membuat Anda dengan mudah memperoleh penghasilan pasif.

Namun, sebelum memulai investasi properti, ada beberapa hal yang harus dicermati. Dikutip dari Knight Frank, Sabtu (14/5/2022), berikut lima tips investasi properti bagi pemula:

1. Menyesuaikan dengan Kondisi Finansial

Kondisi keuangan pribadi menjadi sangat penting sebelum berinvestasi. Meminjam dana bukan berarti hal yang buruk, namun harus diusahakan agar dana tersebut dapat dibayarkan sesuai dengan ketentuan hari yang ditetapkan.

Biasanya investor harus memiliki pemasukan rutin setiap bulannya dan juga jangan lupa bahwa dana yang dipinjam tidak boleh melebihi jumlah dana yang telah dimiliki sebelumnya. Dana untuk investasi properti umumnya berupa biaya tanda jadi, uang muka, dan biaya angsuran.

2. Tentukan Tujuan Berinvestasi

Tentukan tujuan berinvestasi agar tidak salah mengambil Langkah. Misalnya untuk mencapai hasil dari investasi dalam jangka waktu yang cepat, sebaiknya berinvestasi pada properti yang dekat dengan daerah yang telah berkembang sehingga tercapainya hasil investasi lebih cepat digapai.

3. Cek Harga Pasar

Lakukan banyak riset sebelum investasi properti. Hal ini agar kita bisa mendapat keuntungan sebesar-besarnya dengan modal seminimal mungkin. Lakukan riset baik secara online maupun turun ke lapangan. Dengan beberapa pembanding, kita dapat memilih properti dengan harga yang terbaik yang bisa didapatkan.

4. Dokumen Terkait Properti

Cek pula kelengkapan dokumen terkait properti sebelum berinvestasi. Jangan sampai objek investasi berupa properti yang bermasalah, misalnya dokumen yang tidak lengkap atau properti berupa tanah sengketa.

5. Cek Hal Lainnya Terkait Investasi Properti

Hal-hal lainnya misalnya saja waktu serah terima dan pengembang yang terpercaya dalam proses investasi. Jangan sampai dirugikan oleh pengembang atau waktu serah terima tidak sesuai dengan informasi di awal. Hal ini dapat berakibat pada hasil investasi di kemudian hari.

Topik Menarik