Plt Bupati Pastikan Kasus Hepatitis Misterius di Bekasi Nihil

Plt Bupati Pastikan Kasus Hepatitis Misterius di Bekasi Nihil

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 18:59
share

IDXChannel - Plt. Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki memastikan tidak ada kasus hepatitis misterius akut di wilayah Kabupaten Bekasi. Namun, dia meminta orang tua untuk tetap waspada terhadap anak-anaknya.

Apalagi, penyakit hepatitis ini disebut-sebut menyerang anak-anak usia satu bulan hingga 16 tahun. Pesan tersebut disampaikannya saat menghadiri upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Jumat (13/5/2022).

"Untuk Hepatitis akut ini, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi untuk menjaga pola hidup sehat. Tetap kami antisipasi jangan sampai Covid hilang, hepatitisnya malah datang," ujar Marjuki, dikutip Sabtu (14/5/2022).

Menurutnya, kewaspadaan ini perlu dilakukan, apalagi Pemerintah sendiri masih menerapkan kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen di jenjang pendidikan. Oleh karenanya, untuk mencegah penularan penyakit hepatitis perlu juga mengabdikan pola hidup bersih dan sehat.

"Makanya saya mengimbau tetap prokes dan jaga pola hidup bersih, terutama bagi anak-anak," katanya.

Marjuki juga telah meneken surat edaran sosialisasi terhadap penyakit hepatitis misterius itu. Nantinya, diharapkan fasiltas kesehatan dapat langsung melaporkan apabila ditemukan pasien yang dicurigai terpapar.

"Kami menunggu arahan dari Menkes, tetap kami sosialisasikan baik dari puskesmas atau rumah sakit. Sudah kami persiapkan. Mana kala ada hal yang dicurigai hepatitis akut, segera laporan," pungkas Marjuki.

(IND)

Topik Menarik