Koalisi Tiga Bersatu Golkar-PPP-PAN, Qodari: Ini Koalisi yang Sempurna, Tinggal Tentukan Capres & Cawapres

Koalisi Tiga Bersatu Golkar-PPP-PAN, Qodari: Ini Koalisi yang Sempurna, Tinggal Tentukan Capres & Cawapres

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 14 Mei 2022 - 12:59
share

JAKARTA Pengamat politik sekaligus pendiri lembaga survei Indo Barometer Muhammad Qodari menilai koalisi Tiga Bersatu adalah bentuk koalisi yang paling konkret dan nyata.

Koalisi yang diumumkan pada Kamis (12/5/2022) di Jakarta oleh Partai Golkar, PAN dan PPP dianggap sebagai komposisi yang sempurna.

Dalam koalisi ini, ada partai nasionalis, yakni Golkar, lalu partai berbasis Islam tradisional yakni PPP dan Islam modernis yakni PAN, kata Qodari kepada media.

Qodari melihat ini adalah koalisi yang paling nyata hingga hari ini menuju 2024, karena gabungan ketiga partai itu sudah memenuhi syarat minimal pencalonan Pilpres 2024 mendatang.

Di mana bergabungnya ketiga partai tersebut memiliki kekuatan 148 kursi di DPR RI, jauh melebihi ambang batas Presidential Threshold yang hanya 115 kursi saja.

Ini saya kira sudah sangat sempurna. Pekerjaan rumah koalisi Tiga Bersatu ini tinggal mencari figur calon presiden dan calon wakil presiden saja, ucap Qodari.

Ia juga melihat koalisi ini sebagai inisiatif yang sangat tepat. Apalagi jika berbicara dalam hal koalisi menuju Pilpres 2024.

Jika melihat Pilpres 2024, kita tidak lagi bicara soal popularitas individu tetapi yang lebih penting adalah syarat pengajuan dari partai politik, ungkap Qodari.

Ia menyebut seorang tokoh atau figur yang memiliki popularitasnya setinggi apa pun, tapi kalau tidak punya dukungan politik maka akan percuma saja.

Jadi, ini sudah sempurna koalisi yang mereka bentuk, tambah Qodari.

Berbicara tentang koalisi Tiga Bersatu yang akan fokus mendukung kerja Presiden Joko Widodo, bagi Qodari juga tepat dan tidak menjadi masalah.

Topik Menarik