Virus PMK Merebak, Kementan Jamin Stok Daging Aman Saat Iduladha

Virus PMK Merebak, Kementan Jamin Stok Daging Aman Saat Iduladha

Ekonomi | BuddyKu | Jum'at, 13 Mei 2022 - 14:19
share

IDXChannel - Virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) saat ini merebak dan banyak menyerang hewan ternak. Namun Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin stok ternak saat Iduladha aman tahun ini.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri mengatakan wabah virus PMK yang saat ini menjangkit beberapa peternakan di Indonesia tidak menimbulkan tingkat kematian hewan yang begitu tinggi, yaitu hanya sekitar 2% dari populasi yang ada.

"Mengacu pada data nasional tahun lalu, populasi sapi potong mencapai 18 juta, kerbau 1,2 juta, kambing 19,2 juta, dan domba 17,9 juta ekor, kata Kuntoro pada pernyataan tertulis, Jumat (13/5/2022).

Sedangkan menurut Kuntoro jumlah kebutuhan hewan ternak untuk kebutuhan idul adha tahun lalu jumlahnya lebih sedikit dibanding populasi sapi potong yang tersedia. Tahun lalu (2021) total penyembelihan hewan kurban sebanyak 1,7 juta, terdiri dari 609,5 ribu sapi, 14,2 ribu kerbau, 281,3 ribu kambing, dan 750 ribu domba.

Sehingga menurut Kuntoro jika melihat total kebutuhan hewan potong pada idul adha dan ketersediaan hewan saat ini terbilang masih aman. Meskipun saat ini ditengah wabah virus PMK.

"Sehingga secara populasi, stok ternak kita untuk kebutuhan pemotongan hewan kurban masih cukup aman, sambungnya.

Terkait masalah kesehatan untuk masyarakat sebagai konsumen, Kuntoro menegaskan virus PMK tidak menyebar ke manusia yang mengonsumsi daging hewan. Asalkan memperhatikan kebersihan dan bagian daging yang dikonsumsi.

"PMK bukan penyakit yang dapat menular atau membahayakan kemanusia. Daging ternak yang positif PMK masih dapat dikonsumsi selama dimasak dengan benar, kata Kuntoro.

Kementan menghimbau kepada masyarakat saat ini untuk menghindari konsumsi jeroan daging. Terutama yang berada di sekitar mulut hingga lidah, serta kaki sapi yang memiliki potensi terserang virus PMK. ( RAMA )

Topik Menarik