Jalan Tol Pertama di Bengkulu Siap Beroperasi, ke Taba Penanjung Hanya 15 Menit

Jalan Tol Pertama di Bengkulu Siap Beroperasi, ke Taba Penanjung Hanya 15 Menit

Ekonomi | inewsid | Jum'at, 13 Mei 2022 - 13:15
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun ruas tol pertama yang ada di Provinsi Bengkulu. Ruas tol Taba Penanjung - Bengkulu yang membentang sepanjang 17,6 kilometer (km) telah rampung konstruksinya 100 persen dan siap dioperasikan.

Kehadiran tol tersebut akan memangkas waktu perjalanan dari Kota Bengkulu ke Kecamatan Taba Penanjung dari semula memakan waktu 1 jam menggunakan jalan nasional, kini melalui tol hanya ditempuh dalam waktu 15 menit.

Mengutip laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, estimasi waktu tersebut dapat ditempuh dengan kondisi kendaraan yang dipacu 80 km/jam.

Seksi 3 Jalan Tol Taba Penanjung - Bengkulu merupakan bagian dari Jalan Tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu sepanjang 95,8 km. Kemudian, kedua seksi lainnya yakni Seksi 1 Lubuk Linggau - Kepahiang (54,5 km) dan Seksi 2 Kepahiang - Taba Penanjung (23,7 km) yang saat ini masih dalam tahap persiapan.

Diharapkan, pemanfaatan jalan tol ini dapat digunakan secara optimal karena terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai dalam rangka mengembangkan ekonomi daerah dan akan meningkatkan konektivitas pariwisata yang berkunjung ke Bengkulu.

Tak hanya memangkas waktu tempuh, kehadiran jalan tol Lubuk Linggau - Curup - Bengkulu nantinya akan menurunkan biaya logistik untuk pendistribusian barang dan jasa antar wilayah.

Di samping itu, kehadiran jalan tol yang membentang di antara pemandangan indah kawasan hutan dan perbukitan diharapkan dapat mendorong pertumbuhan pusat-pusat ekonomi baru, khususnya kawasan yang berada di sekitar on/off ramp jalan tol tersebut.

Topik Menarik