Loading...
Loading…
Pembangunan Smelter PTFI Untungkan Ekonomi Nasional Jangka Panjang

Pembangunan Smelter PTFI Untungkan Ekonomi Nasional Jangka Panjang

Ekonomi | jawapos | Jumat, 13 Mei 2022 - 11:35

JawaPos.com Direktur Eksekutif ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro mengatakan, aksi korporasi yang dilakukan PT Freeport Indonesia (PTFI) sebesar Rp 45 triliun adalah aksi korporasi biasa. Apalagi jika dana yang didapatkan itu digunakan untuk membangun smelter.

Saya kira itu tidak hanya positif untuk PTFI namun juga untuk perekonomian nasional secara lebih luas, jelas Komaidi.

Komaidi juga menegaskan kalau utang adalah mekanisme pembiayaan yang cukup biasa. Menurutnya, PTFI sudah punya perhitungan sendiri memutuskan untuk berutang.

Bisa saja tidak utang dan menjual sebagian saham, tinggal pilih yang mana, tegas dia.

Meski begitu, Komaidi yakin jika dana yang didapatkan digunakan dengan benar seperti rencana awal untuk membangun smelter maka banyak hal positif yang bisa didapatkan.

Banyak hal positif yang bisa didapatkan, seperti penyerapan tenaga kerja, investasi baru, jumlah emas dan mineral lain yang diproduksi lebih terkontrol dan tentu saja lebih rapi dalam berbagai aspek, rinci Komaidi.

PT Freeport Indonesia yang tergabung dalam holding pertambangan BUMN bernama Mining Industry Indonesia (MIND ID) mengumumkan telah menetapkan mengambil utang USD 3,0 miliar atau senilai 45 triliun rupiah yakni 4,763 persen senilai USD 750.0 yang jatuh tempo 14 April 2027, selanjutnya 5,315 persen sebesar USD 1,500.0 Jatuh tempo 14 April 2032, dan 6.200 persen senilai USD 750.0 Jatuh tempo 14 April 2052. Jadi total USD 3,000 miliar dolar.

Baca Juga :
Investasi Smelter Rp42 Triliun, Begini Kata Bos Freeport

Original Source

Topik Menarik

{