Erick Thohir Minta BUMN Bentuk Badan Investasi, Ini Tujuannya

Erick Thohir Minta BUMN Bentuk Badan Investasi, Ini Tujuannya

Ekonomi | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 11:07
share

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta perusahaan pelat merah membentuk badan investasi untuk startup di dalam negeri. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi pendanaan.

Keinginan Erick ini disampaikan Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury. Dia menyebut, pendirian badan investasi di sejumlah sektor bisnis memberikan dampak signifikan bagi pertumbuhan makro ekonomi Indonesia.

Penekanan ini setelah MDI Ventures dan PT Bio Farma (Persero) mendirikan Bio-Health Fund, badan investasi yang melakukan pendanaan tahap awal dan tahap pengembangan bagi startup kesehatan.

Pahala pun menyinggung soal sektor pangan, dimana, Holding BUMN Pangan atau ID Food dapat menginisiasi pendirian badan investasi yang memfasilitasi pendanaan bagi perusahaan rintisan di sektor pangan.

"Langkah Bio Farma dan MDI, bisa diikuti BUMN di bidang lain, semisalnya di bidang pangan," ungkap Pahala dikutip, Jumat (13/5/2022).

Dukungan Kementerian BUMN bagi unicorn di Indonesia terus digalakan. Sebelumnya, Erick berencana meluncurkan BUMN Day yang menjadi ekosistem bagi perusahaan pelat merah dan berkolaborasi dengan perusahaan rintisan Tanah Air.

"Ini yang kita harapkan, kenapa nanti sekitar enam bulan lagi kita rencanakan juga ada yang namanya BUMN day untuk startup. Jadi kita coba bagaimana ekosistem yang ada di BUMN ini atau di dalam BUMN-nya juga harus bekerja sama dengan para startup dan anak-anak muda yang kita harapkan," ungkap Erick.

Topik Menarik