Presiden Jokowi Bertemu Bos Besar Perusahaan AS Tagih Janji Investasi Rp219 Triliun

Presiden Jokowi Bertemu Bos Besar Perusahaan AS Tagih Janji Investasi Rp219 Triliun

Ekonomi | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 08:20
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan CEO Air Products & Chemicals Seifi Ghasemi di Hotel Ritz Carlton, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5/2022).

Di mana pertemuan itu, Presiden Jokowi membicarakan pentingnya tindak lanjut perusahaan AS tersebut yang sebelumnya menandatangani nota kesepahaman (MoU) investasi batu bara dan turunannya di Indonesia senilai USD15 miliar sekitar Rp219,5 triliun. (Kurs: Rp14.400).

"Saya menyambut baik penandatanganan MoU di Dibua, November 2021 yang lalu. Sebagai implementasi rencana tersebut pada 24 Januari lalu, saya telah lakukan groundbreaking industri hilirisasi coal to DME di Bukit Asam. Saya berharap rencana investasi tersebut dapat segera ditindaklanjuti," ujar Presiden Jokowi.

Adapun Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadia yang turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut.

Dia menyebut Air Products telah merealisasikan tahap pertama investasi mereka sebesar USD7 miliar atau sekitar Rp102,4 triliun.

"Adalah project DME, metanol di Balongan, dan mau membangun juga metanol di Cepu, sisanya kita akan bikin hidrogen yang akan dibangun di Indonesia dengan memanfaatkan bendungan-bendungan yang dimiliki negara," katanya.

Dia menjelaskan kalau berdasar hasil diskusi Presiden Jokowi bersama CEO Air Products terdapat rencana pembangunan industri dari hulu ke hilir di bidang petrokimia.

Topik Menarik