Ada BLT untuk Pekerja, Cair Lagi Tahun Ini! Cek Rekening Ya

Ada BLT untuk Pekerja, Cair Lagi Tahun Ini! Cek Rekening Ya

Ekonomi | okezone | Jum'at, 13 Mei 2022 - 04:17
share

JAKARTA - Bantuan subsidi upah atau BLT subsidi gaji kembali diberikan pada tahun ini. Kriteria pekerja yang dapat BLT pun berbeda, di mana tahun lalu diberikan pada pekerja dengan gaji di bawah Rp5 juta. Sedangkan tahun ini kepada pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta.

Adapun pada 2021, BLT subsidi gaji diberikan senilai Rp600 ribu per bulan. Sedangkan tahun ini Rp500 ribu.

Besaran dana yang disiapkan pun lebih besar tahun lalu. Pada 2021, pemerintah menyiapkan anggaran BLT subsidi gaji sebesar Rp37,7 triliun.

Sementara itu, pada tahun ini, BLT subsidi gaji dicairkan lagi tahun ini. Adapun anggaran BLT subsidi gaji 2022 mencapai Rp8,8 triliun.

Adapun pekerja yang layak dapat bantuan di antaranya:

- Peserta aktif program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan s/d Juni 2021.

- Mempunyai Gaji/Upah paling banyak sebesar Rp3,5 juta. Pekerja/Buruh bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp3.500.000 maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh. Sebagai contoh: Upah minimum Kabupaten Karawang sebesar Rp4.798.312 dibulatkan menjadi Rp4.800.000.

- Bekerja di wilayah PPKM Level 3 dan Level 4 yang ditetapkan pemerintah.

- Diutamakan yang bekerja pada sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan & jasa kecuali Pendidikan dan Kesehatan (sesuai klasifikasi data sektoral BPJSTK).

Topik Menarik