4 Mitos Diet yang Tidak Perlu Lagi Dipercaya

4 Mitos Diet yang Tidak Perlu Lagi Dipercaya

Ekonomi | republika | Jum'at, 13 Mei 2022 - 03:08
share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sering kali dalam upaya melakukan penurunan berat badan anda mencari-cari di Google. Sering kali muncul kalimat \'makanan untuk membuat saya menurunkan berat badan\' atau \'cara menurunkan berat badan dengan cepat.

Bila memang demikian, maka kemungkinan Anda mungkin telah menemukan beberapa tips yang salah di luar sana. Dilansir dari irishexaminer pada Kamis (12/5), ketika berbicara tentang makanan dan nutrisi terutama dalam konteks penurunan berat badan.

Ada banyak diet aneh yang menjanjikan hasil tertentu jika Anda mengikuti aturan tertentu. Namun, klaim diet dramatis ini dapat memiliki dampak negatif yang serius pada kesehatan mental dan fisik Anda dan mungkin sebenarnya berarti Anda kehilangan nutrisi penting.

Berikut empat mitos diet yang harus berhenti Anda percayai yaitu:

1. Tidak boleh ada karbohidrat masuk setelah pukul 6 sore

Mungkin ibu atau nenek Anda memberi tahu sesuatu seperti ini bahwa tubuh tidak akan membakar karbohidrat yang dikonsumsi di malam hari dan sebaliknya akan mengubah gula itu langsung menjadi lemak, jadi sebaiknya hindari setelah jam 6 sore. Kedengarannya benar, bukan? Sebenarnya, tidak sesederhana itu.

Menurut ahli gizi Inggris Lola Biggs, ini lebih tentang apa yang Anda makan dan berapa banyak daripada kapan Anda memakannya. Tidak ada salahnya mengkonsumsi karbohidrat sehat setelah jam 6 sore, jika Anda memilih makanan seperti kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

Apakah Anda makan karbohidrat atau tidak di malam hari, fokusnya lebih pada ukuran porsi dan memastikan Anda membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda makan setiap hari.

Beberapa ahli berpikir makan dalam jangka waktu atau jendela dapat bermanfaat tetapi ini tidak sama dengan tegas mengatakan Anda harus melarang karbohidrat di malam hari dan makan terlalu dekat dengan waktu tidur mungkin bukan ide terbaik untuk berbagai alasan.

Ahli gizi Inggris Pauline Cox, menjelaskan bahwa makan dalam waktu delapan jam memberi tubuh Anda kesempatan untuk menurunkan kadar glukosa darah di luar jendela delapan jam itu, menurunkan insulin dan meningkatkan kadar glukagon dan memicu pembakaran lemak.

Makan larut malam, sering meningkatkan waktu makan yang sudah diperpanjang, menyisakan sedikit waktu untuk kadar gula darah turun dan memicu pembakaran lemak. Gula darah tinggi dari makan larut malam juga dapat mengganggu tidur, yang menyebabkan terganggunya hormon kelaparan pada hari berikutnya.

2. Makanan Bebas Gluten Bantu Penurunan Berat Badan

Anda mungkin telah memperhatikan peningkatan pilihan bebas gluten dan orang-orang memilih diet tanpa gluten. Ini adalah berita bagus bagi siapa saja dengan penyakit celiac atau sensitivitas gluten, yang perlu menghindari gluten karena alasan kesehatan.

Namun, dimana itu bisa menjadi kacau adalah ketika orang menyiratkan pilihan bebas gluten hanya \'lebih baik\' daripada rekan-rekan mereka yang dikemas gluten dan bahwa diet bebas gluten membantu penurunan berat badan.

Mendapatkan biji-bijian yang cukup untuk jantung sehat dalam diet Anda adalah penting, karena mereka dapat menurunkan kadar kolesterol dan merupakan sumber vitamin dan mineral utama yang baik seperti zat besi, magnesium dan vitamin B.

3. Penuh Lemak itu Tidak Baik

Pernahkah Anda tertarik dengan label \'bebas lemak\' pada keju atau yoghurt di supermarket, berpikir bahwa ini berarti lebih sehat dan cara mudah untuk makan makanan enak tapi tetap menurunkan berat badan? Nah, mengkonsumsi lemak tidak serta merta membuat Anda gemuk. Dan bebas lemak tidak selalu berarti sesuatu yang lebih sehat.

Terlalu banyak lemak dalam makanan Anda jenis lemak jenuh bisa berdampak buruk bagi Anda, tetapi ada beberapa makanan berlemak yang sebenarnya baik untuk Anda. Versi rendah lemak seringkali dapat dihilangkan dari bahan-bahan alami dan malah diisi dengan pemanis buatan, penyedap dan gula untuk meningkatkan rasanya.

4. Makanan Tertentu Buat Anda Bakar Lemak

Mungkin Anda telah menenggak cuka sari apel, makan jeruk bali di pagi hari atau memasak semuanya dengan cabai rawit karena Anda pernah mendengar hal-hal ini akan membuat Anda membakar lemak. Sekali lagi, ini tidak terlalu hitam dan putih.

Makanan atau bahan tertentu tidak secara otomatis membuat Anda lebih kurus dan Anda mungkin mendapati diri Anda makan beberapa hal aneh jika Anda berpikir ini adalah jawabannya.

Menurut ahli gizi Melissa Snover, lebih penting untuk fokus pada perasaan kenyang dan puas dan mendapatkan berbagai vitamin yang baik. Makanan bergizi tinggi protein dan lemak baik bermanfaat untuk mengimbangi rasa lapar dalam waktu lama, yang merupakan alat penting untuk menurunkan berat badan karena menurunkan asupan makanan Anda secara keseluruhan.

Jika Anda ingin memastikan Anda makan makanan yang sehat, yang membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat, memastikan Anda mendapatkan keseimbangan yang baik dan variasi makanan dan nutrisi adalah cara yang bijaksana.

Topik Menarik