Bahaya Wabah PMK!  Jangan Konsumsi Daging Sapi di Bagian Ini

Bahaya Wabah PMK! Jangan Konsumsi Daging Sapi di Bagian Ini

Ekonomi | okezone | Kamis, 12 Mei 2022 - 10:39
share

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan virus penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak tidak menular ke manusia. Oleh karena itu, konsumsi daging pun masih aman.

Meski demikian, Mentan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap selektif dalam mengonsumsi daging. Tidak semua bagian dari tubuh hewan ternak bisa dikonsumsi dengan aman, terlebih saat ini dit engah adanya wabah PMK.

Menurutnya. ada beberapa bagian daging pada hewan ternak yang memiliki potensi besar terdapat virus PMK. Oleh karenanya beberapa bagian daging saat ini di sarankan untuk dikonsumsi.

"Virus ini tidak menular manusia, dagingnya masih aman dikonsumsi dengan aman oleh manusia, namun ada beberapa bagian yang harus di hindari," ujar Mentan dalam konferensi persnya, Rabu (11/5/2022).

Seperti diketahui virus PMK menyerang beberapa bagian tubuh hewan, seperti mulut dan kuku dari hewan ternak. Oleh sebab itu Mentan tidak menyarankan masyarakat tidak mengonsumsi daging di bagian Mulut, dan Kaki Sapi.

"Yang tidak boleh hanya pada tempat-tempat yang langsung terkena PMK, misalnya organ tertentu seperti kaki, jeroan tidak boleh, mulut seperti lidah, itu tidak direkomendasi," kata Mentan.

Topik Menarik