Bentuk Bio-Health Fund, Bio Farma Gelontorkan Dana ke Startup Kesehatan

Bentuk Bio-Health Fund, Bio Farma Gelontorkan Dana ke Startup Kesehatan

Ekonomi | inewsid | Kamis, 12 Mei 2022 - 10:28
share

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan modal ventura milik dan PT Bio Farma (Persero) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, MDI Ventures, membentuk badan investasi Bio-Health Fund. Badan investasi ini akan fokus melakukan pendanaan tahap awal dan tahap pengembangan bagi Startup kesehatan, baik Biotek maupun layanan kesehatan.

Dalam pendanaan awal tersebut, Bio Farma yang merupakan Holding BUMN Farmasi akan berperan sebagai Limited Partnership bagi startup yang bergerak dalam bidang biotek. Bio Farma akan mempersiapkan dana sebesar 20 Juta fklar AS yang akan digelontorkan kepada startup potensial.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury, memastikan Bio-Health Fund juga mendorong pengembangan teknologi baru di bidang kesehatan.

"Kementerian BUMN mendorong Bio Farma grup bersama Kimia farma dan Indofarma untuk dapat melakukan pengembangan di bidang teknologi serta berinvestasi di bidang startup," ungkap Pahala, Kamis (12/5/2022).

Dia menilai Indonesia mempunyai tantangan di industri kesehatan, terutama mengembangkan teknologi di bidang kesehatan. Baik terkait bio sciences, farmasi dan industri teknologi digital kesehatan.

Langkah Bio Farma dan MDI, lanjut Pahala, bisa diikuti BUMN di bidang lain, semisalnya di bidang pangan. Bio-Health Fund ini diharapkan memberi kontribusi kepada Bio Farma yang merupakan Limited Partnership utama.

"Juga membantu Bio Farma untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam bidang penelitian biotech, dalam mendukung Bio Farma sebagai Holding BUMN yang bergerak dalam bidang kesehatan dan layanan end-to-end," kata dia.

Senada, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir memastikan aksi korporasi yang dilakukan ini akan menambah portofolio bisnis, selain vaksin dan serum.

Dengan adanya Bio-Health Fund ini, akan meningkatkan kapabilitas Bio Farma, dalam hal inovasi produk life science, dan produk healthtech seperti telemedicine dan lain sebagainya dan ultimate golnya adalah membentuk ekosistem kesehatan nasional, ungkap Honesti.

Kemampuan Bio Farma sebagai produsen farmasi dan penyedia layanan kesehatan akan menawarkan Go-To-Market yang kuat di Indonesia bagi startup.

Dengan maksud tersebut, Bio-Health Fund tidak akan membatasi fokus geografi investasinya tetapi tetap terbuka untuk produk dan solusi yang dapat berkontribusi dan memberikan nilai tambah bagi sektor penyedia kesehatan di Indonesia.

Topik Menarik