Loading...
Loading…
Dukung Pengembangan UMKM, PLN Beri Pelatihan Melalui Webinar

Dukung Pengembangan UMKM, PLN Beri Pelatihan Melalui Webinar

Ekonomi | republika | Kamis, 25 Juni 2020 - 19:54

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-PLN berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi yang nyata bagi Indonesia. Tidak hanya memastikan pasokan listrik yang berkualitas bagi seluruh rakyat, PLN mendukung pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona atau Covid-19. Salah satunya dengan memberikan pelatihan bagi Usaha Mikro, Kecil Menengah melalui webinar.

PLN mempunyai program pelatihan webinar untuk UMKM. Dalam waktu 2 bulan, sudah ada 2.293 peserta dari UMKM yang sudah mengikuti pelatihan sebanyak 41 kelas webinar yang dibuka untuk UMKM yang berasal dari seluruh Indonesia,tutur Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, Agung Murdifi.

Kegiatan webinar ini dilakukan melalui wadah Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang tersebar di seluruh Indonesia. RKB ini menjadi wadah UMKM untuk mendapatkan pelatihan dan pembinaan agar dapat meningkatkan usahanya. RKB juga memberikan kemudahan akses informasi bagi seluruh pelaku UMKM agar dapat berkembang lebih baik lagi.

RKB PLN yang secara aktif melaksanakan pelatihan webinar adalah daerah RKB Gunung Kidul, Denpasar, Bandar Lampung, dan Aceh Utara sudah memiliki RKB di daerahnya masing masing. Hal ini menunjukan bahwa pengembangan UMKM tidak hanya berfokus di kota besar saja, tetapi sampai ke pelosok negeri.

Fokus utama dari program ini adalah untuk membantu UMKM secara konsisten agar terus dapat bertahan secara mandiri dari dampak ekonomi yang dialami oleh pendemi covid-19. Salah satu contoh program yang dilaksanakan adalah strategi menjual produk selama masa pandemi dan pelatihan menjual barang atau jasa di marketplace yang tersedia, tambah Agung.

Dengan diberikannya pelatihan tersebut, diharapkan UMKM dapat terus bisa eksis dan menambah pasar penjualan produk mereka. PLN akan terus memberikan bantuan kepada UMKM agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka dalam usaha.

Original Source

Topik Menarik