Kementan Pastikan Hewan Kurban Tak Terpapar Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

Kementan Pastikan Hewan Kurban Tak Terpapar Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

Ekonomi | inewsid | Rabu, 11 Mei 2022 - 21:27
share

JAKARTA, iNews.id - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok hewan kurban untuk Iduladha tahun ini tidak terpapar wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang terjadi di Jawa Timur dan Aceh. Dengan demikian, masyarakat tak perlu khawatir berlebihan.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Nasrullah menyampaikan, nantinya Kementan akan membuat standar operasional prosedur (SOP) khusus mobilisasi ternak dari satu wilayah ke wilayah lain tanpa terkontaminasi oleh wabah PMK.

"Mudah-mudahan satu sampai dua minggu sebelum Iduladha kami sudah bisa punya itu sehingga masyarakat kaum Muslim bisa melaksanakan kurban dengan aman dan sehat," ujar Nasrullah di Jakarta, Rabu (11/5/2022).

Dia menambahkan, penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak mengakibatkan kuku sapi, kambing, domba, dan babi menjadi terbelah. Penularan penyakit ini terjadi melalui virus yang penyebarannya lewat udara dan juga kontak langsung.

Namun, Nasrullah menekankan bahwa penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak tidak menular pada manusia, melainkan hanya sesama hewan ternak.

"Kementerian Pertanian dan juga pemerintah daerah telah melakukan intervensi pengendalian wabah dan pencegahan agar penyebaran PMK pada hewan tidak semakin meluas," kata dia.

Nasrullah menuturkan, pihaknya optimistis tidak ada kelangkaan hewan ternak untuk kurban pada hari raya Iduladha mendatang. Dia mengatakan, kebutuhan hewan ternak untuk kurban biasanya hanya 10 sampai 20 persen dari total populasi yang ada.

"Untuk Iduladha kami optimistis Insya Allah (hewan ternak) tersedia. Pengalaman-pengalaman sebelumnya hanya 10-20 persen dari populasi yang dipakai," ucapnya.

Topik Menarik